Desa Tanjung Hulu Resmi ODF, Jarot Ingatkan Lima Poin Penting

Desa Tanjung Hulu Deklarasi Desa ODF.

SINTANG | SintangPost.com - Desa Tanjung Hulu, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang telah diresmikan menjadi Desa ODF (Open Defection Free) ke-40 oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno pada Sabtu kemarin (21/9/2019).

"Dari 391 desa yang ada di Kabupaten Sintang, Desa Tanjung Hulu merupakan desa yang ke-40 yang sudah mendeklarasikan diri secara resmi sebagai desa ODF," ujar Jarot Winarno.

Jarot berharap tahun mendatang minimal ada 20 desa di Kecamatan Sepauk yang sudah siap mendeklarasikan menjadi Desa ODF. Untuk itu, ia meminta kepada semua pihak untuk saling koordinasi dan bekerja sama dalam mewujudkan hal tersebut.

"Dengan deklarasi ODF sesungguhnya desa secara tidak langsung siap untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan. Memiliki jamban adalah hal penting yang dilakukan jika ingin kualitas kesehatan di suatu daerah tersebut berjalan baik," ucapnya.

Pada kesempatan ini, Jarot mengingatkan lima poin penting mengenai kesehatan lingkungan yang harus diperhatikan oleh suatu daerah.

"Poin pertama jamban, kedua mencuci tangan dengan sabun, ketiga menggunakan air bersih, keempat buang sampah pada tempatnya, kelima buang sampah cair pada tempatnya," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh mengungkapkan masih ada 39 desa di Kecamatan Sepauk yang masih belum siap dan mendeklarasikan diri menjadi Desa ODF.

"Kita tentu berharap tidak hanya sampai pada deklarasi saja namun gaung untuk hidup sehat terus digalakkan dengan cara mengajak masyarakat untuk menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat," tuturnya.

Kepala Desa Tanjung Hulu, Nonok mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang yang telah berusaha bersama untuk mewujudkan desa ODF.

"Di desa kami 100 persen warga sudah memiliki toilet di rumah masing-masing. Tentunya seiring berjalan waktu akan kami galakkan PHBS agar kualitas kesehatan di desa ini terus meningkat," pungkasnya. (Coe)