Hatta : Tingkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pramuka

HUT Bapak Pandu Dunia ke-163 (Foto : Eko)

SINTANG | SintangPost.com – Kondisi tanah lapang yang berlumpur disertai hujan yang turun rintik-rintik tak menyurutkan semangat Kwartir Ranting Sintang untuk menggelar HUT Bapak Pandu Dunia ke-163 dengan menampilikan berbagai atraksi dan juga tarian kolaborasi dari Suku Melayu dan Dayak.

Pada kesempatan ini, Bupati Sintang yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sintang, Hatta menyampaikan Pramuka meruapkan salah satu kegiatan yang diperlukan dalam dunia pendidikan karena sebagai salah satu sarana pembentukan karakter.

“Dalam Pramuka, ada pembelajaran mengenai pembentukan kepribadian yang baik, ini yang sangat diperlukan oleh bangsa sebagai salah satu modal pembangunan,” ujarnya saat pelaksanaan upacara HUT Bapak Pandu ke-163 di Lapangan Sepak Bola Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Sabtu kemarin (22/02/2020).

Tak hanya itu, Hatta yang juga memimpin langsung upacara Puncak Kegiatan  KTT Ke-V dan HUT Lord Robert Baden Powel yang merupakan Bapak Pandu Dunia menyampaikan di Indonesia sendiri, pramuka telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat yang telah disesuaikan dengan  perkembangan zaman sehingga tak hanya memberikan pengembangan karakter generasi muda namun juga mempersiapkan pemuda untuk mampu menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi.

“Pramuka sendiri merupakan salah satu pilar pendidikan yang didalamnya mengajak generasi muda untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup berbangsa dan bernegara. Jadi, tak hanya mengajarkan kepribadian yang baik dengan menjaga akhlak tapi juga harus memiliki wawasan luas yang nantinya mampu digunakan dalam bela negara,” pungkasnya. (Coe)