1500 Ton Ikan Lele Dibagikandi Menyumbung

Jarot Harapkan Kelompok Beri Laporan Perikanan

Kelompok Usaha Menyumbung Tengah Menerima Bantuan Bibit Ikan Lele

SINTANG | Sintangpost.com – Pemerintah Kabupaten Sintang mendukung peningkatan kesejahteraan di bidang perikanan. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno ketika menyerahkan bantuan berupa bibit ikan lele kepada Kelompok Usaha Maju Bersama dan Kelompok Usaha Menyumbung Tengah di halaman Puskesmas Dara Juanti, Kelurahan Kapuas Kanan Hilir, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Sabtu lalu (16/9).

Jarot mengatakan pengembangan usaha perlu dilakukan salah satunya adalah dengan cara dari bahan baku ikan ditingkatkan menjadi bahan olahan yang siap saji, seperti abon lele.

“Dalam perekonomian perdesaan ada sektor hilir yang merupakan tempat penjualan produksi dari bahan baku ikan. Untuk itu, jika kita dapat mengembangkannya maka akan menjadi nilai tambah karena pemasarannya akan menjadi mudah dan juga meningkatkan permintaan,"katanya.

Bukan hanya itu, dengan bantuan ini diharapkan para penerima nantinya bisa lebih mandiri, sehingga ke depan usaha budidaya perikanan mereka bisa lebih berkembang. Namun demikian, Bupati Jarot mengharapkan kepada penerima bantuan ini untuk memberikan laporan mengenai hasil produksi mereka.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang, Zulkarnaen mengatakan penyerahan bantuan Pemerintah Kabupaten Sintang berupa bibit ikan kepada kelompok-kelompok usaha budidaya ikan sebanyak 15000 ekor bibit ikan lele dan juga pakan ikan seberat 1,2 ton.

“Bibit ikan ini dibudidayakan di dalam keramba atau tempat penyimpanan ikan sebanyak sebanyak 10 keramba. Masing-masing keramba nantinya berisi 1.500 ekor bibit ikan. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Siang memperhatikan secara baik pengembangan ekonomi masyarakat,"jelasnya.

Zulkarnaen menambahkan bahwa untuk di Kabupaten Sintang ada empat kelurahan yang bakal mendapat bantuan dalam budidaya ikan air tawar, sejauh ini baru dua kelurahan yang mendapatkan bantuan bibit ikan.

“Kami mengharapkan PPL dapat mengawasi dan penyuluh dapat memberikan bimbingan kepada setiap kelompok budidaya ikan agar hasilnya tercapai, produksi pangan ikan tinggi dan budidaya ikan terus berlanjut yang nantinya berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal mengkomsumsi ikan,” tukasnya. (yul)