Sintang Siap Layani Pembuatan Paspor

Syarif M Taufik

SINTANG | Sintangpost.com- Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sintang Syarif M Taufik mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang telah membuka pelayanan pembuatan paspor bagi masyarakat.

Menurutnya Warga cukup datang ke kantor kependudukan catatan sipil tanpa harus ke kantor imigrasi yang ada di Sanggau.

“Kita (Pemkab Sintang) sudah mempunyai kerjasama dengan kantor imigrasi Klas II Sanggau sejak Oktober 2016, harapan kita dengan adanya pembuatan Paspos di Sintang bisa lebih efektif,”kata Taufik, Jumat (12/5).

Dikatakan Taufik petugas imigrasi menjadwalkan datang ke Sintang untuk melayani pembuatan paspor dua minggu sekali.

”Perekaman juga langsung oleh petugas imigrasi. Namun pelayanan sepenuhnya dilakukan di kantor Dukcapil, begitu juga dengan paspor yang telah jadi,” kata Taufik.

Ia mengatakan berdasar kesepakatan yang dibangun, Dukcapil selain menyiapkan ruang perekaman paspor, juga membantu menyediakan petugas registrasi. Mekanismenya yakni masyarakat Sintang yang ingin membuat paspor bisa mendaftar ke kantor Dukcapil, dengan menyertakan data administrasi.

“Kalau sudah lengkap data pemohon, akan kita scan, untuk dikirim ke imigrasi Sanggau via online,” Jelas Taufik.
Menurut Taufik biaya membuat paspor dengan mendaftar di Dukcapil maupun datang langsung ke kantor Imigrasi tidak ada perbedaan. Biaya yang harus dibayarkan mengikuti ketentuan yakni Rp 355 ribu.

“Setor langsung ke bank. Bukan ke Dukcapil. Tanda bukti slip setoran ditunjukkan saat perekaman,” katanya.

Taufik mengatakan dengan kerjasama pembuatan paspor antara Pemkab dan kantor imigrasi Sanggau, sepenuhnya demi memberi kenyamanan bagi masyarakat.

“Jadi warga Sintang tidak perlu datang ke Sanggau. Biaya menjadi lebih hemat, karena tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi. Cukup datang ke kantor Dukcapil,”imbuh dia. (ok)