Umumkan 6 Tambahan Kasus Konfirmasi Covid-19, Jarot : Lima Orang Dari Kluster Jembatan Kapuas

Press Release terkait penambahan enam kasus terkonfirmasi positif Covid-19 (Foto : Anwar)

SINTANG | SintangPost.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sintang kembali mengumumkan kasus terbaru konfirmasi Covid-19.

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang, Jarot Winarno yang juga merupakan Bupati Sintang ini mengungkapkan ada enam warga Sintang yang kembali terkonfirmasi positif Covid-19.

“Enam orang tersebut terdiri dari dua klaster yaitu yang pertama dari klaster Temboro dan yang kedua dari klaster Jembatan Kapuas,” ujarnya saat melakukan press release perkembangan kasus Covid-19 Kabupaten Sintang yang dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Selasa (09/06/2020).

Jarot Winarno menyampaikan Klaster Jembatan Kapuas ini merupakan klaster baru dan kita sudah melakukan tracing sebanyak 456 orang dan dari hasil rapid test yang dilakukan ada 73 orang yang hasilnya reaktif yang semuanya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan PCR. Ia menegaskan semua orang dari klaster Jembatan Kapuas yang hasil rapid testnya reaktif telah menjalankan karantina mandiri khusus baik di rumah masing-masing atau di perumahan institusi.

“Lima orang dari klaster Jembatan Kapuas. Pertama adalah pria 31 tahun, OTG 262 hasilnya positif, kita sebut pasien terkonfirmasi Covid-19 07. Kedua, pria 36 tahun, OTG 263 yang kita sebut pasien terkonfirmasi Covid-19 08. Ketiga, pria 34 tahun, OTG 264 yang kita sebut dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 09. Keempat, pria 30 tahun yang kita sebut dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 10. Terakhir, perempuan dengan usia 54 tahun yang kita sebut pasien terkonfirmasi Covid-19 11. Mereka akan kita tingkatkan terapinya,” katanya.

Dan terakhir, lanjut Jarot Winarno adalah seorang pria muda yang berusia 21 tahun dari klaster Temboro, Magetan yang merupakan lini ketiga dan ditetapkan sebagai pasien terkonfirmasi Covid-19 12.

“Ini artinya, Covid-19 di Kabupaten Sintang sudah berada dalam transmisi lokal. Maka saya minta pada masyarakat jangan lengah,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Jarot Winarno meminta masyarakat untuk tidak panik dan membentuk stigma negatif karena semua yang sudah terkonfirmasi Covid-19 ini telah menjalankan karantina dengan penuh

“Kita berharap semuanya sembuh karena yang klaster Jembatan Kapuas ini pun melayani banyak orang, melayani bangsa dan negara kita. Jangan ada stigma karena mereka sudah kita isolasi lebih dari 10 hari yang lalu, jadi masyarakat jangan khawatir tapi tentu tetap waspada,” pungkasnya. (Coe)