Dewan Serap Aspirasi Masyarakat Pekerja PETI

Anggota DPRD Saat Berfose Dengan Masyarakat Pekerja PETI

SINTANG | Sintangpost.com - Warga terlihat antusias dalam menyampaikan aspirasinya kepada sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sintang yang mengunjunginya.

Kedatangan anggota DPRD Kabupaten Sintang di sejumlah tempat yang berada di pesisir sungai Kapuas dan Sungai Melawi merupakan salah satu upaya untuk menyerap aspirasi warga mengenai permasalahan PETI (Pertambangan Tanpa Ijin)

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sintang, Syahroni yang memimpin langsung kunjungan tersebut mengungkapkan para pekerja PETI melakukannya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Tadi kita sudah mendatangi sejumlah tempat, dan memang pengakuan mereka terpaksa melakukan pekerjaan tersebut karena untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya," ujarnya, Minggu (15/4) kemarin.

Syahroni mengatakan bahwa masyarakat terutama yang berada di daerah pesisir sangat bergantung dengan PETI untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

"Kalau menyebutkan angka mungkin sulit, tapi jika diperkirakan hampir 50 persen warga yang tinggal di daerah pesisir sungai bergantung pada PETI," ucapnya.

Syahroni juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan agar aspirasi dari masyarakat terkait perizinan PETI agar tidak lagi terbentur dengan hukum akan segera menemukan solusi.

"Jika memang Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi tidak dapat menyelesaikannya, maka kita akan membawa ke Pemerintah Pusat dan Ombudsman juga, untuk melihat apa yang bisa dilakukan untuk mereka,"

Syahroni berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang untuk dapat memfasilitasi apa yang telahmenjadi aspirasi sejumlah warga sehingga bisa dilakukan proses selanjutnya.

"Kami akan berjuang agar pihak terkait dapat menyelesaikan permasalahan ini. Jika tidak menemukan solusi maka dikhawatirkan akan meningkatnya tindak pidana lain," tukasnya. (yul)

Baca Selanjutnya Jamin UNBK SMP Tanpa Kendala