HORE….11 Pemekaran Kecamatan di Sintang Dapat lampu Hijau dari Kemendagri

SINTANG | Sintangpost.com- Sebanyak 11 Pemekaran Kecamatan Di Bumi Senentang akhirnya mendapat lampu hijau dari Kementrian dalam Negeri (Kemendagri) setelah beberapa Perwakilan anggota DPRD Sintang dan eksekutif bersama pemprov Kalbar mendatangi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) belum lama ini.

“Puji Tuhan 11 Pemekaran Kecamatan di Sintang bisa berlanjut ke tahap selanjutnya,”kata Wakil ketua DPRD Sintang Terri Ibrahim usai mendatangi Kemandagri belum lama ini.

Menurut Terri pemekaran kecamatan yang diusulkan oleh Peerintah Sintang beberapa waktu lalu memang terdapat sedikit kendala di Kemendagri mengingat hal tersebut adanya moratorium oleh pusat terkait pemekaran.

“Namun setelah kita datang langsung dan berkoordinasi dengan Kemandagri akhirnya ada perlakuan khusus terhadap pemekaran di Sintang.

“Daerah kita ini kan berbatasan langsung dengan negara tetangga, makanya ada pengecualin oleh pusat,”terang Politisi Ketungau ini.

Lebih jauh dikatakannya menindaklanjuti Perda pembentukan 11 kecamatan baru di Kabupaten Sintang. Pada prinsipnya 11 kecamatan baru yang diusulkan tidak ada masalah. Termasuk tiga kecamatan baru di perbatasan. Semuanya dinilai memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan. Namun untuk Kecamatan Inggar ada sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi lagi.

“Tapi intinya, draf usulan 11 kecamatan baru sudah diterima termasuk dari Pemprov. Karena, saat di Kemendari hadir pula Asisten I Pemrov Kalbar. Pimpinan DPRD yang hadir 2 orang bersama anggota, Asisten I Sintang, Kabag Hukum serta Kepala Dinas Tata Ruang serta dari Tapem,” bebernya.

Pihaknya lanjut Terri telah memberikan ultimatum kepada Kemandagri untulk secepatnya merealisasikan pemekaran di Sintang pada tahun 2018 ini.

“Kami juga minta agar pemekaran bisa direalisasikan paling lama tahun ini juga, supaya jika ada hambatan agar dikeluarkan terlebih dahulu supaya tidak menghambat usulan pemekaran kecamatan yang sudah disampaikan.

“Intinya Kemandagri merespon usulan pemekaran kecamatan kita di Sintang sesuai kelengkapan administrasi yang sudah kita sampaikan beberapa waktu lalu,”tukasnya. (okt)