Jangan Posting Sembarangan di Medsos

Ilustrasi

SINTANG | Sintangpost.com- Terkait peneroran bom di sejumlah tempat menyebabkan sejumlah lini media sosial dibanjiri dengan hal-hal tersebut, baik yang berkata mengucapkan belasungkawa maupun mengutuk keras adanya kejadian tersebut.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari meminta kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial pada saat seperti ini salah satunya adalah tidak melakukan ujaran kebencian.

“Bijak dalam menggunakan media sosial tentu sangat diperlukan terlebih lagi saat ini. Ujaran-ujaran kebencian yang dilakukan di media sosial dapat menimbulkan perpecahan dari berbagai lini,” ujarnya.

Menurut Mainar Puspa Sari, terorisme bukanlah orang yang beragama dan tidak bisa dikaitkan dengan agama tertentu. Selain itu, terorisme juga tidak bisa dilihat hanya karena penampilan saja. Untuk itu, ia berharap masyarakat dapat dengan bijak menelaah sejumlah berita yang tersebar baik dari media sosial maupun di media massa.

“Menurut saya, teroris bukan orang yang beragama, mereka adalah orang-orang yang mempunyai pemahaman yang salah. Dalam agama apapun, menyakiti hewan saja tidak boleh apalagi menyakiti manusia terlebih anak-anak yang tidak berdosa,” ucapnya.

Untuk itu, politisi PKB ini berharga masyarakat tidak mudah terprovokasi akan isu SARA yang memang saat ini sedang berkembang di masyarakat. Jika masyarakat terprovokasi akan membuat kesatuan dan persatuan yang saat ini sudah berjalan baik menjadi terpecah belah.

“Jangan terpancing dengan isu SARA, tanggapi dengan kepala dingin. Saya yakin, Kabupaten Sintang akan tetap aman jika masyarakatnya tidak mudah terprovokasi dan saling menjaga satu sama lain. Salah satu caranya dengan melaporkan kepada pihak berwewenang jika mengetahui atau menduga sesuatu atau seseorang yang mencurigai,” tukasnya. (yul)