Jarot Sampaikan Nota Keuangan APBD 2019

Bupati Sintang Jarot Winarno Menyampaikan Nota Keuangan APBD 2019, Jumat (2/11) Kemarin

SINTANG | Sintangpost.com- Bupati Sintang Jarot Winarno memaparkan pengantar nota keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang tahun anggaran 2019. Dikatakannya, rancangan APBD tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar Rp 1,88 triliun.

“Rancangan APBD tahun 2019 sebesar Rp 1,88 triliun,” ungkap Jarot dalam Rapat Paripurna Paripurna ke-15 masa persidangan III yang dipimpin Ketua DPRD DPRD Sintang Jeffray Edward, Jumat (2/11) kemarin.

Adapun beberapa sektor pendapatan daerah meliputi pendapatan asli daerah direncanakan sebesar Rp 147,8 miliar yang menurun 16,7 persen dari anggaran tahun 2018. dana perimbangan ditargetkan Rp 42 miliar.

“Sementara Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 99,4 miliar begitu juga dengan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 372,4 miliar, selanjutnya PAD lain-lain yang sah sebesar Rp 4011,2 miliar,”urainya.

Sementara untuk belanja daerah yang terdiri dari belanja tidak langsung direncanakan sebesar Rp 1,15 triliun yang terdiri belanja hibah, dan bantuan sosial. Sedangkan belanja langsung sebesar Rp 800,5 miliar.

Melihat postur anggaran tersebut, Jarot memastikan bahwa pemkab Sintang belum keluar terhadap kondisi dilema anggaran yang terjadi seperti tahun sebelumnya sehingga hambatan-hambatan yang terjadi belum bisa direalisasikan dalam RPJMD 2016-2021.

“Sasaran strategis yang sudah kita tetapkan belum optimal dengan ketersediaan anggran yang belum memadai. Apalagi dengan kondisi globaldan nasional yang masih rentan dengan krisis multi dimensi sekarang ini,”paparnya.

Menyikapi kondisi tersebut, Jarot berharap semua komponen untuk tetap optimis menatap tahun 2019 mendatang. Sehingga kedepan sinergisitas yang kuat akan menjadi modal kuat untuk membangun Sintang yang lebih baik lagi.

“Saya harapkan strategi yang sudah kita rumuskan bisa menjadi modal kita untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan beberapa langkah strategi seperti kebijakan fiskal daerah dengan menjaga iklim investasi dan meningkatkan tatakelola pemerintahan yang baik,”tukasnya.

Terpisah ketua DPRD Sintang Jeffray Edward berharap semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama menciptakan iklim pembangunan yang baik di Sintang. sehingga kedepan Sintang bisa lebih baik lagi.

“Kuncinya bersatu untuk kemajuan pembangunan daerah Sintang,”kata Jeffray.

Jeffray juga mengatakan, RAPBD yang sudah disampaikan pihak eksekutif akan segera dilakukan penyempurnaan oleh masing-masing fraksi, kemudian ditindaklanjuti pembahasan bersama masing-masing OPD terkait, dan segera disahkan menjadi APBD melalui rapat paripurna,”tutupnya. (okt)