Komisi C DPRD Sintang Tinjau UN di SMK 1Kelam

SINTANG | Sintangpost.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang melalui komisi C melakukan peninjauan langsung terhadap proses Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat yang berlangsung pada hari ini, Senin (4/4) di Kecamatan Kelam Permai.

Peninjauan di dua sekolah ini langsung di pimpin Ketua Komisi C DPRD Sintang Tuah Mangasih ST,M.Si didampingi anggota lainnya juga di dampingi Kabag Hukum Seketariat Dewan Sintang Wiwin Saawinda.

Saat meninjau Sekolah SMK I Kelam Permai, kedatangan wakil rakyat itu langsung di sambut oleh kepala Sekolah SMK I Kelam Permai serta beberapa orang guru lainya.

“Tujuan kami melakukan peninjauan dihari pertama UN, untuk melihat langsung pelaksanaan UN tahun ini, dan kami ingin tahu lebih jauh kendala-kendala yang dialami oleh pelaksanaan di daerah,” kata Tuah Mangasih ST,M.Si di Sela-sela peninjauan peserta UN di SMK I dan SMA I Kelam Permai.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan UN berbasis komputer atau computer based test (CBT) di SMAN 1 Kelam Permai berlangsung tanpa halangan. Menurutnya, dengan UN berbasis komputer tidak perlu mengirim naskah soal. Siswa pun lebih mudah menjawab di komputer tanpa harus menggunakan pensil.

Dalam hal ini lanjut dia, kejujuran siswa dan integritas dari pengawas atau guru-guru memang sangat dibutuhkan. “Semoga UN tahun ini jauh lebih baik ,”harapnya.

Kunjungan tersebut, lanjut Tuah, sekaligus memantau kondisi beberapa sekolah di Sintang. “Kami dari Komisi C DPRD Sintang memberikan suport kepada peserta UN, semoga semuanya bisa lulus 100 persen,”tukasnya.

Sementara itu berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, jumlah peserta yang mengikuti Ujian Nasional SMA/MA/SMK pada tahun 2016 ini berjumlah 4,644 siswa, data tersebut dibagi dalam beberapa klasifikasi seperti, SMA/MA berjumlah 2.709 siswa, SMK 1.106, dan Paket C berjumlah 829, data ini mencakup dalam seluruh SMA/MA/SMK se-Kabupaten Sintang.

Jika dirinci data untuk sekolah yang ada di Kota Sintang ini berjumlah, 2.215 dengan klasifikasi seperti SMA/MA dengan 14 sekolah berjumlah 1.495 siswa, SMK dengan 5 sekolah berjumlah 720 siswa, yang dimana tahun ini Ujian Nasional Berbasis Komputer dilakukan di SMKN 1 Sintang, dan ini merupakan UNBK satu-satunya di Kabupaten Sintang.(okt)