Markus: Lomba Desa Harus Bisa Berikan Manfaat

Markus Jembari

SINTANG | Sintangpost.com- Tim penilai lomba desa tingkat Propinsi Kalimantan barat mulai melakukan penilaian dan verifikasi lapangan. Tim terdiri dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Sintang, Dinas Kesehatan (Dinkes) hingga penggerak PKK Sintang.

Angggota DPRD Kabupaten Sintang Markus Jembari mengatakan, penilaian lomba desa tidak sebatas pada formalitas saja. melainkan, tujuan diadakannya Lomba Desa adalah sebagai bentuk monitoring terkait hasil pembangunan dan juga segala bentuk potensi yang ada di setiap desa.

Terlebih lanjutnya, sebagai bentuk pendampingan agar setiap desa di Kabupaten Sintang memiliki visi, misi yang jelas dalam melaksanakan pembangunan desa dan juga pemberdayaan masyarakatnya.

”Salah satu yang terpenting dalam lomba desa adalah profil desa dan juga kesesuaian program pembangunan di desa dengan apa yang ada di lapangan. Dan pada profil desa, kita bisa melihat potensi dan keadaan yang ada di masing-masing desa. Dan yang paling penting lomba desa ini harus bisa memberikan manfaat nyata untuk masyarakat,” kata Markus Jembari.

Menurut Markus lomba desa semata-mata bukan untuk mengejar target juara, melainkan evaluasi terwujudnya kemandirian desa sesuai dengan indikator pembangunan, diantaranya aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban. Termasuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan pemerintahan, serta kelembagaan kemasyarakatan.

“Kita berharap lomba desa juga merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan aparatur. Sinergi antara perangkat desa dengan masyarakat harus selalu dijaga dan ditingkatkan, agar semua program pembangunan yang telah disepakati dan direncanakan dapat terlaksana dengan baik,”tukasnya. (okt)