Pelajar SMA I Datangi Gedung Dewan

Para Guru SMA I Sintang Menyampaikan Aspirasinya ke Anggota DPRD Sintang

SINTANG | Sintangpost.com- Puluhan Pelajar SMA Negeri 1 Sintang mengunjungi gedung dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kamis (28/2).

Kedatangan siswa-siswi yang didampingi beberapa guru ke gedung DPRD Sintang untuk melakukan dialog mata pelajaran sosiologi tentang kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas PETI di Kabupaten Sintang.

Kedatangan mereka ini juga disambut hangat ketua komisi A DPRD Sintang Syahroni beserta anggotanya Anton Isdianto, Am Abdurazak, Agustinus Aci serta ketua komisi C DPRD Sintang Herimaturida dan K Danil Banai.

Sebelum melakukan dialog dengan wakil rakyat, Pelajar dari kelas XII IPA ini mendapatkan penjelasan dan pencerahan seputar kinerja dan fungsi anggota DPRD selama memimpin masyarakat.

Ketua Komisi A DPRD Sintang Syahroni mengaku bangga atas kedatangan para pelajar ke gedung dewn. Menurutnya DPRD Sintang sangat terbuka bagi masyarakat yang ingin berdialog langsung dengan dewan.

“Tentu kami bangga melihat pelajar bisa mengetahui sejauh mana kinerja dewan selama ini,”katanya.

Soal keberadaan PETI di Kabupaten Sintang, Kata Syahroni saat ini pemerintah Sintang masih memperjuangkan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) sehingga para pekerja mendapatkan payung hukum yang jelas saat bekerja.

“Beberapa waktu lalu juga kami sudah menggelar pertemuan di Polda Kalbar membahas PETI ini, Alhamdulilah sudah ada titik terangnya bagi pekerja PETI di Kabupaten Sintang,”jelasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua C DPRD Sintang Herimaturida berharap kunjungan ini dapat menambah wawasan. Tak hanya menambah wawasan, Heri berharap nanti salah satu dari siswa – siswi menjadi wakil rakyat.

“Kami berharap momen ini membuat adek – adek berminat menjadi anggota DPRD Sintang,” ucapnya.

Herimaturida mengatakan, kegiatan ini adalah kesempatan bagus bagi anggota DPRD Sintang menjelaskan fungsi dan kedudukan dewan sejak dini.

“Kegiatan ini bisa lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya pelajar. Sehingga, kedepan dapat paham tugas dan fungsi dewan,” Kata Herimaturida.

Terisah Guru SMA I Sintang Erna mengatakan, selain tertarik mengetahui seputar kinerja anggota DPRD, kunjungan ini bagian dari tugas dalam mata pelajaran sosiologi yang saat ini sedang mereka pelajari di sekolah.

“Makanya kami sengaja membawa pelajar ke gedung dewan selain untuk mengetahui kinerja dewan juga merupakan studi mata pelajaran kami disekolah,”katanya.

Erna mengatakan sejauh ini pelajar hanya mengetahui keberadaan PETI hanya melalui media masa saja tetpi tidak tahu keberadaannya maupun dampaknya bagi lingkungandi tengah-tengah masyarakat.

“Itu sebabnya kami mengajak anak-anak belajar dan melihat langsung kinerja dewan.hasil dari ini semua akan kami jadikan nilai untuk anak-anak kami,”tuturnya.(okt)