Wah…!!!Rumdin Guru Banyak Rusak, Guru Enggan Ditugaskan di Pelosok

SINTANG I Sintangpost.com- Kondisi rumah dinas guru di wilayah pelosok Kabupaten Sintang masih jauh dari kata layak. Pemerintah melalui instansi terkait diminta segera menyikapi serius persoalan ini.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang Nikodemus menilai kondisi rumah dinas guru sebagian besar tidak layak untuk ditempati. Dia berharap persoalan ini dapat menjadi skala prioritas di tahun anggaran berikutnya.

"Dulu ketika saya jadi kontraktor sering berjalan ke pelosok-pelosok saya lihat hampir semua rumah dinas guru tidak layak dihuni dan harus ada perbaikan,"kata Niko ditemui di kantornya kemarin.

Padahal menurut Niko, keberadaan rumah dinas sangat menunjang apalagi bagi sekolah yang berada di pelosok. Tentunya guru yang dari luar daerah akan bergantung kepada rumah dinas yang disediakan.

"Kita minta pemerintah Sintang untuk serius menangani persoalan ini. Supaya kedepan para pahlawan tanpa tanda jasa ini bisa menempati rumah dinas yang layak,"ujarnya.

Saat ini kata politisi Hanura pemerintah daerah dinilai terkesan belum maksimal membenahi sektor pendidikan. Akibatnya, sarana dan prasarana sekolah tidak bisa digunakan.

"Makanya tidak heran para guru kita di Sintang ini banyak menumpuk di kota. Ini fakta yang terjadi di daerah kita ini,"ujarnya.

Kedepan lanjut Politisi Sepauk ini pemerintah harus lebih mengalokasikan anggaran untuk perbaikan rumah guru supaya potret pendidikan di Sintang ini bisa semakin baik kedepannya.

"Kalau tidak bisa mensiasati anggaran dengan bijak tentunya selalu kurang. Nah itu semua tergantung pemerintah mengatur efektifitas dan efisiensi dari pagu anggaran. Jangan sampai sektor pendidikan jadi ketinggalan karena salah kebijakan,” tukasnya. (Okt)