138 Calhaji Ikut Mansik di Masjid Al Amin

SINTANG | SintangPost.com - Para jamaah haji tahun 2019 diharapkan dapat mempersiapkan diri, baik dari kesehatan, keimanan dam ketagwaannya. Sebab Agustus mendatang merupakan bulannya haji 1440 hijriah.

“Mari kita persiapkan keimanan kita, luruskan niat kita untuk menunaikan ibadah haji. Jangan ibadah haji dijadikan untuk jalan-jalan dan saling pamer, maka perlu adanya peningkatan iman dan taqwa bagi kita sebagai calon jamaah haji agar pelaksanaan haji semakin khusyuk,” pesan Bupati Sintang, Jarot Winarno saat membuka kegiatan manasik mandiri haji yang digelar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Sintang (IPHI), di Masjid Al-Amin Sintang, Sabtu (2/3/2019).

Manasik haji, menurut Jarot, merupakan wadah bagi calon jamaah haji untuk meningkatkan rasa silaturahim. Dengan adanya silaturahim yang baik maka akan memperkokoh serta memperkuat rasa persatuan kita di dalam satu kloter atau satu regu.

“Tentunya dengan silaturahim yang baik akan memberikan kemudahan untuk menjalankan ibadah haji, seperti pengalaman yang sudah-sudah bahwa dengan silaturahmi antar satu kloter kita dapat saling bantu membantu, saling berbagi makanan, saling berbagi kamar, sehingga silaturahim terus kita jaga,” katanya.

Tidak hanya itu, Bupati Jarot meminta kepada para calon jamaah haji asal Sintang untuk mepersiapkan materi-materi pemahaman pelaksanaan ibadah haji.

“Selain pemahaman rukun wajib maupun sunnah haji, perlu juga kita berikan pemahaman yang lainnya, seperti mempraktekkan cara-cara ibadah haji secara berulang-ulang, kemudian membaca buku tentang pelaksanaan haji,” tutupnya.