3 Manfaat Menggunakan KB

Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka kegiatan PKK-KB Kesehatan yang dipusatkan di Kampung Keluarga Berencana (KB) yang terletak di Desa Menaong Baru, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Rabu (17/10)

SINTANG | Sintangpost.com- Bupati Sintang Jarot Winarno memaparkan bahwa dengan menggunakan program KB pada ibu maka akan memberikan dampak yang baik dari segi kesehatan.

“Keuntungan dari menggunakan KB ini ada 3 hal pertama dengan menggunakan KB maka akan menjaga dan menghargai hak asasi ibu-ibu, kedua menggunakan KB maka kesehatan ibu akan terjamin ketiga menggunakan KB maka kesehatan anak juga akan terjaga,”kata Jarot saat membuka kegiatan PKK-KB Kesehatan yang dipusatkan di Desa Menaong Baru, Kecamatan Dedai Kabupaten Sintangbelum lama ini.

Dengan menggunakan KB lanjt Jarot, ibu juga dapat mengatasi persoalan stunting atau tinggi badan tidak sesuai dengan umur. Hal tersebut dapat terjadi karena 1000 hari pertama kelahiran sampai 3 tahun tidak diurus dengan baik.

“Kemudian pas saat kehamilan jarang mengecek, kurangnya makanan pendamping ASI, dan juga kekurangan gizi seorang anak, tentu ini perlu juga diperhatikan bagi ibu-ibu,” pinta Jaeot.

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Hj. Nurchalifah mengatakan bahwa dengan kegiatan KB-Kesehatan ini diharapkan para ibu-ibu dan anggota keluarga dapat menjadi ibu yang bisa mengajarkan dan benteng dalam keluarganya sendiri.

“Kita harapkan kondisi setiap anggota keluarga memiliki kemampuan secara kolektif dalam mendidik dan membedakan mana hal yang baik dan mana hal yang buruk. Di sinilah letak fungsi PKK menjembatani peran setiap orang tua, ibu-ibu dalam keluarga,” tambahnya.

Seusai acara pembukaan PKK-KB Kesehatan, Bupati Sintang bersama rombongan meninjau pelaksanaan kegiatan sosial lainnya, seperti pengecekan kesehatan gratis, pengecekan sunat masal, pengecekan penjualan beras murah, serta mengecek kegiatan KB di Posyandu, dan menanam pohon. (okt)