9.402 Keluarga Terima Program PKH

Sekda Sintang Yosefha Hasna Melounching Program PKH di Sungai Tebelian

SINTANG | Sintangpost.com- Sekda Kabupaten Sintang Yoshepa Hasnah secara resmi me-launching sekaligus menyalurkan bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I tahun 2017 non tunai di kecamatan sungai Tebelian, Sabtu (5/8).

PKH ini merupakan program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga kurang mampu.

Untuk Kabupaten Sintang, PKH tahun ini diterima oleh 9.40 keluarga penerima manfaat (KPM). Masing-masing KPM mendapat Rp 1.890.000 ribu per tahun yang dicairkan empat tahap. Yaitu, Rp 500 ribu hingga tahap ketiga dan sebanyak Rp 390 ribu pada tahap terakhir.

“Total bantuan PKH yang diterima Kabupaten Paser berjumlah Rp Rp.9.4 Miliyar yang bersumber dari APBN,” kata Sekda Sintang Yosefha Hasna.

Yosepha mengatakan tujuan dari pada program keluarga harapan atau PKH adalah untuk mengurangi angka dan
memutus rantai kemiskinan, meningkat kualitas sumber daya manusia serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok miskin.

“Program ini sangat relevan dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Sintang saat ini, sesuai dengan tujuan dari pada PKH adalah untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkat kualitas sumber daya manusia serta mengubah perilaku yang kurang mendukung untuk itu kita semua harus mensukseskan progam ini di kabupaten sintang,”katanya.

Yosepha menuturkan PKH dahulunya di terima secara tunai oleh penerima melaui kantor post namun untuk kali ini bentuk pembayarannya yang semula tunai menjadi non tunai yakni melalui PT. Bank Mandiri.

“Dulu program ini pembayarannya melaui kantor pos atau tunai, namun untuk kali ini melalui Bank Mandiri yakni menggunakan kartu yang di salurkan ke rekening masing masing penerima,”jelasnya.

Kapala dinas sosial kabupaten sintang Apolonius sudin meminta kapada pihak bank dan pendamping PKH benar benar memberikan arahan kepad para penerima agar tujuannya tercapai dan ia juga meminta kepada para penerima untuk memanfaatakan dan menggunakan dana tersebut dengan baik.

“Saya minta pihak bank dan pendamping untuk membimbing ibu ibu atau bapak bapak bagaimana cara menggunakan atau cara pengambilan uang, agar nanti juga para peneriam bisa menggunakan dana tersebut secara terarah, para penerima juga harus menggunakan dana itu benar benar jangan di salahgunakan,”bebernya.

Sementara itu Area transaction and Funding manager PT.Bank Mandiri(Persero)Tbk Area Pontianak Galih Setiawan mengatakn Bank Mandiri terus berkomitmen mendukung implementasi program kerakyatan pemerintah.

“Terkait hal itu Bank Mandiri menyalurkan bantuan sosial berskema program keluarga harapan(PKH) sebesar Rp.9.4 Miliyar kepada 9.402 keluarga penerima manfaat (KPM) di kabupaten sintang. Penyaluran tersebut dilakukan melalui agen dan e-warong yang terkait dengan bank mandiri yang tersebar di 14 kecamatan di kabupaten sintang untuk memudahkan akses para KPM,”jelasnya (okt)