Amankan Pilkada Serentak, 85 Linmas Diberi Pelatihan

SINTANG | Sintangpost.com- Pemilihan umum kepala daerah yang akan dilaksanakan serentak 27 Juni 2018 mendatang menjadi agenda penting. Petugas pun dilatih untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut agar berjalan aman dan tertib.

Bupati Sintang Jarot Winarno dihadapan peserta Linmas se Kecamatan Binjai mengatakan bahwa peran serta Linmas sangat besar dalam memberikan pengamanan terutama pada saat pelaksanaan Pemilukada.

“Dalam hal ini, Linmas mempunyai andil besar pada pelaksanaan pengamanan Pemilukada. Karena, merekalah yang benar-benar tahu dan paham dengan situasi dan kondisi lingkungan dan wilayah masing-masing,” ujarnya.

Jarot mengatakan bahwa keberhasilan Pemilukada nanti tergantung kepada peserta Linmas karena apabila kegiatan pelatihan yang diselenggarakan diikuti sesuai dengan aturan dan arahan dari pembicara maka akan berhasil. Oleh sebab itu lanjutnya, seluruh peserta pelatihan hendaklah memahami dengan betul-betul materi yang disampaikan oleh instruktur.

“Kegiatan pelatihan saya harapkan mampu memberikan penjelasan tentang tugas pokok dan tanggung jawab anggota Linmas secara umum dalam pelaksanaan Pemilukada. Selain itu, saudara sekalian juga harus bisa bersinergi dengan seluruh instansi terkait dan mampu merangkul semua elemen masyarakat sehingga Pilkada dapat berjalan sukses,” imbuhnya.

Tak lupa pula Jarot berpesan bahwa kepada peserta Linmas untuk tetap menjaga persatuandengan menerapkan siskamling kembali di desa masing-masing.

“Saat ini Indonesia sedang diuji persatuan dan kesatuannya, saya ingatkan bahwa indikasi adanya terorisme berada dimana-mana, tentunya kita harus mewaspadai hal tersebut, maka dari itu saya minta kalau bisa kegiatan siskamling dilaksanakan kembali dengan menerapkan wajib lapor 1x24 jam, “pesan Jarot.

Sementara itu, Camat Binjai Hulu, Kusnidar menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini pertama kali dilaksanakan yang memiliki tujuan untuk membangun wawasan kebangsaan.

“Pelatihan ini belum pernah kita laksanakan, jadi kita mengangkat kembali fungsi dari pada kegiatan linmas itu sendiri, karena tugas linmas untuk memberikan rasa keamanan di Desa-nya masing-masing, “kata Kusnidar.

Kusnidar menambahkan bahwa kegiatan pelatihan perlindungan masyarakat desa se-Kecamatan Binjai ini diikuti sebanyak 85 peserta.

“Jadi 1 desa itu sedianya ada 10 hingga 12 anggota linmas, tapi kita minta satu desa itu mengirimkan 5 anggota linmas untuk kegiatan ini, bahkan ada juga yang mengirimkan 6 sampai 7 anggota, sehingga total keseluruhan pesertanya sebanyak 85 orang,”tukasnya. (hms)