Aparatur Desa Harus Kuasai Siskuesdes, DPMPD Gelar Bimtek

SINTANG | Sintangpost.com- Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Abdul Syufriadi membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis Penatausahaan Keungan Desa Bagi Aparatur Pemerintahan Desa Se-Kabupaten Sintang Angkatan Pertama di Gedung Pancasila, Senin (15/10).

Dalam sambutannya Abdul mengingatkan kepala desa yang hadir untuk memahami dan mengerti tentang sistem keuangan desa (Siskeudes) sehinga aplikasi dilapangan tidak menemukan kendala yang berarti.

“Aparatur pemerintahan desa harus mampu menguasai Siskeudes. Sebab, sistem ini diciptakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membantu desa agar tertib dalam pelaporan keuangan dan pengelolaan keuangan desa,” katanya.

Menurut Abdul, seiring dengan peran desa sebagai salah satu sentra pembangunan, yakni dengan dikucurkannya dana
pembangunan yang bersumber dari APBD maupun APBN, maka diharapkan setiap desa terus melakukan inovasi, termasuk dalam hal pelaporan keuangan. “Hal ini agar lebih tertib dan lancar dalam hal penyampaian laporan pertanggungjawabannya,” jelas Abdul.

Sementara Herkulanus Roni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang menjelaskan Bimtek ini bertujuan meningkatkan kemampuan teknis para perangkat desa dalam mengelola administrasi penatausahaan keuangan desa yang ada dalam APBDes.

“Bimtek ini juga upaya kami untuk mewujudkan tertib administrasi dan tata kelola keuangan desa yang baik dan benar berbasis kemajuan teknologi informasi komunikasi sesuai ketentuan yang berlaku,”kata Roni.

Menurutnya bimtek penatausahaan keuangan desa ini dilaksanakan sebanyak tujuh kali atau tujuh angkatan. Pada angkatan pertama ini diikuti oleh 100 orang dari desa-desa yang ada di Kecamatan Kelam Permai dan Kecamatan Dedai.

“Seluruh peserta akan diberikan materi tentang cara menggunakan siskeudes, input penerimaan desa, input mutasi kas, input SPP Kegiatan, input pencairan SPP, penyetoran pajak dan pelaporan,”tukasnya. (okt)