Dishub & Polres Gelar Operasi Gabungan

RaziantanbgSINTANG I Sintangpost.com- Selama tiga hari melaksanakan razia gabungan, puluhan kendaraan roda empat (R4) terpaksa harus ditilang oleh Dinas Perhubungan Darat Dishubkominfo Kabupaten Sintang. Dari jumlah kendaraan tersebut terdiri dari angkutan kota (angkot) dan beberapa angkutan barang.

Dalam operasi gabungan yang digelar Perhubungan Darat Dishubkominfo dengan Sat Lantas Kepolisian Resort (Polres) Sintang. Nampak sejumlah anggota Sat Lantas dan Bidang Perhubungan Darat memberhentikan dan memeriksa sejumlah kendaraan roda empat yang melintasi jalan Lintas Melawi.

" Dalam razia gabungan ini, kami memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan, trayek, surat izin pengusaha angkutan, izin bongkar muat dan KIR kendaraan. Terdapat beberapa kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan, sehingga harus kami tilang di tempat, kemudian berkasnya kami limpahkan ke pengadilan," ujar Mawardi Koordinator Lapangan Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Kabupaten Sintang, Kamis (12/3).

Mawardi merincikan, dalam waktu tak kurang lebih dari satu jam, sedikitnya ada 10 kendaraan angkutan umum yang terpaksa ditilang. Tindakkan tegas tersebut itu diambil lantaran buku KIR dan izin trayek sudah kadaluarsa bahkan ada juga yang tak dibawa.

" Angkutan umum saja ada yang tidak taat berlalulintas, agar dapat menjadi pelajaran bagi pengusaha angkutan, kendaraan tersebut kita tilang," katanya.

Kegiatan ini, tambahnya, dilaksanakan selama satu pekan yang di mulai hari Selasa (10/3) lalu. Operasi yang melibatkan personel Dishub dan anggota Sat Lantas itu digelar di Jalan Lintas Melawi dan ruas jalan lainnya yang rawan.(mot)