DPRD Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan

123605SINTANG | SenentangNews.com-Kurangnya kesadaran pedagang dipasar Junjung Buih  Kabupaten Sintang akan sampah mendapat sorotan wakil rakyat. Sebagai ibu kabupaten, kondisinya sampai saat ini masih terdapat beberapa drainase yang dipenuhi sampah. Penilaian ini disampaikan Hamzah, anggota Komisi II DPRD Sintang, ketika melihat langsung kondisi drainase di sejumlah titik dipasar Junjung Buih Minggu, (13/3).

“Drainase yang fungsinya untuk menyalurkan air, kini seakan menjadi tempat pembuangan sampah. Bagaimana tidak, drainase yang saya lihat itu sudah dipenuhi dengan bekas-bekas botol plastik dan sisa makanan, sehingga menimbulkan bau yang tak sedap,”katanya.

Drainase yang beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah tersebut, kata Politisi Amanat Nasional (PAN), disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.

Terutama para pengguna jalan yang seenaknya membuang botol bekas minumannya ke dalam drainase. Hal ini tentu membuat drainase menjadi tersumbat dan tak menutup kemungkinan jika musim hujan, sampah-sampah di drainase akan meluap ke badan jalan. “Bukan hanya itu, tersumbatnya drainase ini juga akan mengakibatkan banjir di Kabupaten Sintang,” ungkapnya.

Makanya, Pria ramah senyum ini berharap kesadaran masyarakat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya guna menciptakan lingkungan bersih. Tak hanya itu, instansi terkait pun untuk dapat proaktif dalam membersihkan lingkungan.

“Untuk sampah-sampah yang menumpuk di drainase diharapkan agar instansi terkait dapat langsung terjun ke lapangan untuk membersihkan. Selain itu agar dinas terkait juga dapat menyediakan tong sampah disetiap sudut pasar ,” pintanya.(okt)