Hadapi UNBK, Jarot Minta Siswa Batasi Main Gadget

Bupati Jarot Memberikan Motifasi Kepada Siswa Yang Akn Mengikuti UNBK April Mendatang di Pendopo

SINTANG | Sintangpost.com- Bupati Sintang Jarot Winarno membuka kegiatan Training Motivasi Sukses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019 di Pendopo Bupati Sintang, Rabu (13/2/19).

Kegiatan ini diikuti perwakilan siswa-siswi SMA, SMK dan MA yang ada di Kabupaten Sintang. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua STAIMA Ma'arif Sintang Muhammad Faisal, sesepuh STAIMA Ma'arif Sintang Sofian Hamzah.

Dalam sambutannya Jarot Winarno mengatakan dalam rangka menghadapi ujian nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019 ini para pelajar diminta untuk mempersiapkan diri.

Oleh karena itu, dengan kesiapan tersebut siswa-siswi tidak akan mengalami stress dan tekanan dalam dirinya saat menghadapai ujian nasional.

“Anak-anakku sekalian, ujian nasional itu hal yang biasa saja, karena untuk menggapai cita-cita yang tinggi kalian mesti melewati ujian nasional dulu jadi hal biasa aja ujian nasional ini," katanya.

Jarot mengatakan bahwa setiap tahun pelaksanaan ujian nasional itu semakin berkualitas, untuk itu siswa-siswi sendiri harus mengenal tantangan yang akan dihadapi. Seperti ujian nasional, para siswa harus tau kapan diujinya, mata pelajaranya apa saja, berapa jumlah soalnya dan harus lebih kenal secara detail kisi-kisi dari ujian tersebut.

"Perlu diketahuai para siswa juga dalam ujian nasional itu akan di titipkan 15-20 persen soal-soal yang tergolong hots (hight order thinking skill) yaitu soal-soal yang perlu kajian dan analisa mendalam, karena tidak bisa mengandalkan hafalan saja yang memacu untuk berpikir," katanya.

Dalam menghadapi ujian nasional ini, Jarot meminta para siswa-siswi untuk mengurangi bermain handphone atau gadget dan stop sementara bermain media sosial, bermain game dan lainnya.

"Batasi main gadget atau hp karena kalau sudah main hp pasti lama bahkan sambil makan pasti main hp. Stop main medsos, kurangi nonton tv, batasi main game kalau bisa stop. Enam minggu saja, biar fokus menghadapi ujian," katanya.

Ketua STAIMA, Muhammad faisal mengatakan kegiatan training motivasi ini untuk memberikan motivasi kepada para siswa-siswi agar dalam menghadapi ujian nasional pada April mendatang benar-benar bisa mempersiapkan diri.

"Sebagai bekal dari segi mental, spiritual agar hasil ujian nasional nantinya bisa memberikan prestasi yang terbaik bagi para siswa-siswi, khususnya siswa-siswi Kelas XII SMA, SMK dan MA," jelas Faisal. (hms).