Jarot: Dana Desa Jangan di Sembunyikan

SINTANG | Sintangpost.com- Bupati Sintang Jarot Winarno Meminta kepada pemerintahan desa untuk tidak sembunyi-sembunyi dalam mengelola dana desa. Bahkan katanya pengelolaan dana desa agar bisa diumumkan melalui baliho.

“Ini dimaksudkan agar masyarakat tahu anggaran yang dikucurkan pemeintah bahkan masyarakat bisa ikut mengawasi pembangunan desa,”kata Jarot saat mengunjungi Desa Pagal, Kecamatan Tempunak,”kemarin.

Dikatakan Jarot Desa Pagal Kecamatan Tempunak sudah sangat layak untuk menjadi desa terbaik se kecamatan Tempunak dikarenakan tata wilayahnya sudah sangai baik.

”Jika pemerintahan desa sudah memberikan pelayanan yang baik dan masyarakat mampu melibatkan diri dalam pembangunan wilayahnya, maka negara sudah hadir dalam masyarakat,”katanya.

Menurut Jarot Pemerintah sudah memutuskan untuk mulai membangun dari pinggiran seperti desa ini, dengan mengalokasikan dana desa yang sangat besar untuk membangun desa dengan konsep paritisipasi aktif masyarakat.

“Jadi Jangan ada lagi pengelolaan dana desa secara sembunyi-sembunyi. Desa Pagal Baru harus memiliki produk unggulan desa, saya mendorong agar Pemerintahan Desa Pagal Baru bisa membentuk Badan Usaha Milik Desa untuk mengelola Pabrik Minyak Kelapa Sawit Mini,”jelasnya.

Jarot Juga berpesan dalam lomba desa ini, menang atau kalah, jangan dijadikan beban, pemerintahan desa dan masyarakat harus terus bekerja dengan baik untuk mengembangkan desanya.

“Saya berharap, Desa Pagal Baru ini bagus tidak hanya pada saat mau lomba saja, tetapi bagus seterusnya Buat juga embung dan desa siaga kebakaran untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan,”Harapnya (okt)