Jarot Minta Iska Sinergi dengan Pemerintah

Bupati Sintang Berfose Bersama Pengurus Iska Kabupaten Sintang

SINTANG | Sintangpost.com- Kaum intelektual harus mampu membawa kemajuan bangsa. Mampu memberikan perubahan sosial di masyarakat. Demikian disampaikan Bupati Sintang H. Jarot Winarno saat membuka Musyawarah Cabang III Ikatan Sarjana Katolik Kabupaten Sintang di Gedung Pancasila pada Sabtu, 10 Juni 2017.

“Saya mengajak ISKA Kabupaten Sintang untuk bekerjasama dan bergandengan tangan membangun daerah kita. Kebersamaan dan kerjasama Pemkab Sintang dengan organisasi-organisasi sepersi ISKA perlu diperkuat,” ajak H. Jarot Winarno.

Uskup Keuskupan Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap menjelaskan umat awam memang harus berperan dalam tugas gereja karena gereja dahulunya bisa berdiri karena besarnya peranan umat awam.

“Saat ini, banyak bidang kehidupan yang hanya bisa dimasuki oleh kaum awam yang diharapkan mampu menjadi garam dan terang dunia. Iska sebagai kumpulan kaum awam intelektual harus terus berkarya bagi gereja dan masyarakat,”pinta Uskup Keuskupan Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap.

Lasarus Wakil Ketua Komisi V DPR RI mengharapkan agar sarjana yang beragama Katolik untuk mampu berperan dalam segenap kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Saya dulu untuk bisa menjadi seorang sarjana, harus berjuang sampai harus menjadi pembantu rumah tangga dan hanya modal nekad saja. Saya ingin sarjana Katolik berkualitas. Bukan asal sarjana.ISKA harus berani bicara politik, tetapi jangan ISKA dipakai sebagai alat politik karena anggota ISKA berasal dari banyak partai dan berbagai profesi” terang Lasarus.

Ketua DPD ISKA Kalimantan Barat Adrianus Asia Sidot menjelaskan sarjana sejak jaman Yesus Kristus lahir sudah dikenal karena kecerdasan dan kemampuan membaca tanda-tanda alam.

“Saya berharap anggota ISKA berkualitas dan mampu memberikan kebaikan bagi orang banyak dan menunjukan keteladanan yang baik.Anggota ISKA boleh berpolitik, tetapi harus tetap dalam kerangka untuk kebaikan bersama. ISKA harus menjadi perekat persatuan bangsa” terang Adrianus Asia Sidot.

Agrianus Ketua DPC ISKA Sintang menyampaikan pihaknya sudah berusaha mengembangkan organisasi dan anggotanya dengan melaksanakan seminar sebanyak tiga kali. Agrisnus juga menyoroti persoalan sosial kemasyarakatan yang terjadi di kabupaten sintang.

"Mari kita jaga dan perkuat toleransi antar agama dan memperkuat kebersamaan” ajak Agrianus.

Sopian Ketua Panitia Muscab III Ikatan Sarajana Katolik Cabang Sintang menjelaskan muscab untuk menyegarkan pengurus, amanah Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga ISKA.

“Kami mengambil tema muscab adalah peran ISKA dalam menciptakan kepimpinan Katolik yang berkarakter rumah betang.Kami ingin ISKA menjadi rumah betang sebagai tempat berkumpul dan bersatu anggota ISKA dan masyarakat dengan penuh kedamaian” terang Sopian

Baca Selanjutnya Sekda Buka Puasa dengan ASN