Jelang UN, Diknas Janji Rutin Gelar Razia

kerjakan-UN1SINTANG I Sintangpost.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sintang berjanji akan melakukan razia secara rutin terhadap pelajar  yang kerap ngumpul hingga larut malam.

“Upaya razia dan penertiban anak pelajar pada malam hari akan rutin kami lakukan. Untuk tahap awal hanya pembinan. Namun untuk tahap selanjutnya akan ada sanksi tegas jika kedapatan anak-anak masih ngumpul hingga larut malam,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang, Marcues Afen.

Afen melanjutkan, kedepannya, sasaran razia akan diperluas. Dan waktunya tidak menentu.

“Sasaran kita anak pelajar. Cafe yang menjadi tempat berkumpulnya anak sekolah pada malam hari akan kita datangi,” kata Afen.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sintang telah memberlakukan jam malam bagi pelajar. Hal ini untuk mencegah terjadinya perilaku menyimpang dikalangan pelajar yang mulai marak dan menekan pergaulan bebas.

Peraturan Bupati ini, mengatur mengenai pemberlakuan jam malam serta sanksi bagi pelajar yang kedapatan keluyuran hingga larut malam. Pelajar tidak dibenarkan lagi berada di luar rumah hingga pukul 21.00.

“Pemberlakuan jam malam bagi pelajar ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan baik tindak kejahatan yang dilakukan oleh pelajar maupun pelajar yang menjadi korbannya,” pungkas Afen.(mot)