MABM Sintang Raih Juara Dua di Sekadau

SINTANG | Sintangpost.com- Kontingen Festival Seni Budaya Melayu) FSBM Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sintang mendapatkan peringkat kedua pada event FSBM Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengaku bangga atas perolehan yang dicapai oleh kontingen FSBM MABM Kabupaten Sintang. Menurutnya, keberhasilan kontingen FSBM MABM Kabupaten Sintang merupakan suatu energi positif dan feel to hope (memberi harapan) bagi Kabupaten Sintang.

“Pada FSBM MABM Provinsi Kalimantan Barat yang digelar di Singkawang dua tahun yang lalu, Sintang tak ada satu pun membawa medali emas. Alhamdulillah, tahun ini kita memperoleh peringkat kedua, dimana membawa empat medali emas atau empat piala juara pertama dibawah Kota Pontianak yang membawa lima medali emas atau lima piala sebagai juara pertama,” ujarnya.

Tak hanya itu, Jarot juga mengaku bangga dengan kebersamaan yang terjalin dari para kontingen FSBM MABM Kabupaten Sintang yang telah bersama mengharuskan nama daerah tanpa memandang suku maupun agama.

“Perbedaan adalah Rahmat, ini yang kita dapat. Teman-teman kita dari beda agama memperkuat kita pada paduan suara sehingga kita bisa juara satu. Desain stand pameran juga begitu, padahal yang bekerja bukan hanya Melayu saja, dari suku lain juga ikut sehingga kita bisa memperoleh juara satu,” ucapnya.

Ketua kontingen FSBM MABM Kabupaten Sintang Iwan Purwanto mengatakan bahwa secara keseluruhan Kabupaten Sintang membawa 15 piala dengan empat piala juara pertama yakni pada Tangkai Pawai budaya, Tangkai Stand Pameran terbaik, Tangkai Vokal Grup Lagu Melayu dan Syair Putri.

“Tadinya kita hanya menargetkan masuk lima besar tapi atas semangat seluruh peserta kontingen, FSBM MABM Kabupaten Sintang berhasil mendapatkan juara dua,” tukasnya.

Turut hadir dalam acara penutupan Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-XII tingkat Provinsi Kalbar tahun 2018 di Kabupaten Sekadau tersebut Ketua Umum MABM Provinsi Kalbar, Prof. Dr. Chairil Effendy., Wakil Bupati Sekadau, Aloysius selaku tuan rumah, perwakilan Pemerintah daerah Kabupaten/Kota se-Kalbar, para Raja dan Sultan se-Kalbar, para kontingen FSBM dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalbar.(hms)