Masyarakat Pulau Jaya Terima Sertifikat Tanah

Bupati Sintang Jarot Winarno Didamping Kepala BPN Sintang Janaedi Menyerahkan Sertifikat Tanah Kepada Perwakilan Masyarakat Desa Pulau Jaya Kecamatan Tempunak

SINTANG | Sintangpost.com- Badan Pertanahan Nasional (BPN)Kabupaten Sintang  dan Pemkab Sintang membagikan sertifikat tanah, melalui program Prona tahun 2018.

Pembagian secara simbolis dilakukan kepada 21 warga dari dua Desa yakni Pulau Jaya dan Pinang baru kecamatan oleh bupati Sintang Jarot Winarno kepada perwakilan masyarakat Tempunak, Sabtu (12/1).

Untuk Desa Pulau Jaya sendiri ada 549 sertifkat warga yang sudah jadi dan bagi masyarakat yang belum di harapkan terus berkoordinasi dengan pemerintah desa dan BPN Sintang.

Bupati SintangJarot Winarno mengatakan turut berbahagia bisa hadir langsung guna menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah yang merupakan program pemerintah pusat kepada masyarakat Desa Pulau Jaya dan Desa Pinang Baru.

Jarot menjelaskan tujuan dari pada sertifikat tanah ini sangat penting agar hak masyarakat atau rakyat atas tanah lebih jelas, sehingga tidak adanya koflik terkait mengenai batas kepemilikan tanah, karena dalam sertfikat tanah tersebut sudah jelas data-data hak atas tanah.

“Dengan adanya sertifikat ini, kalau kita perlu dana bisa kita terapkan untuk pinjaman baik itu Credit Union atau bank, dana hasil pinjaman itu bisa di kelola entah itu untuk usaha, berladang, nanam cabe, nanam sayur dan lainnya,”kata Jarot.

Jarot menambahkan saat ini pemerintah Kabupaten Sintang dan aliansi masyarakat adat sedang menyusun hak masyarakat adat sehingga nanti hak masyarakat secara pribadi lebih jelas kemudian hak masyarakat adat juga jelas.

“Agar kedepan hal itu untuk menghindari terjadi masalah masyarakat dengan perusahaan,”tutup Jarot.

Kepala BPN Kabupaten Sintang Junaedi mengatakan tahun 2018 lalu BPN Sintang sudah menerbitkan sebanyak 18900 sertifikat tanah.

“Pesan saya kalau sudah menerima sertifikat tolong dijaga tanahnya pasang patoknya supaya tidak terjadi lagi silang sengketa tanah, dengan adanya sertifikat masyarakat jelas melihat batas tanahnya,”jelasnya. (okt)