Menjadi Melayu, Menjadi Kita

Launching Buku Menjadi Melayu. (Foto : Anwar)

SINTANG | SintangPost.com - Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sintang, Iwan Setiadi mewakili Bupati Sintang melakukan launching buku "Menjadi Melayu" dan Pencanangan Bulan Gemar Membaca Kabupaten Sintang di Rumah Adat Melayu, Sabtu (7/9/2019).

Kurniawan, penulis buku "Menjadi Melayu" mengungkapkan bahwa buku ini berisi 30 tulisan pendek yang terhatur dalam 226 halaman yang merupakan pengalaman serta hasil pengamatan penulis yang bertemakan tentang Melayu.

"Yang saya lihat, yang saya rasakan, yang saya rasakan, ang saya cari dan saya respon semuanya saya tuangkan dalam tulisan di buku ini," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Kurniawan yang juga merupakan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sintang mengajak seluruh Melayu untuk dapat lebih nasionalis dalam bertutur kata maupun bertingkah laku.

"Dalam bab terakhir, ada judul Menjadi Kita yang saya cantumkan. Disitu, saya ingin mengajak Melayu mampu menjadi Kita yaitu Indonesia. Artinya harus mampu hidup dalam keberagaman dan saling menghormati satu sama lain," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, Iwan Setiadi mengapresiasi semangat menulis dan berbagi yang dilakukan oleh pemuda Melayu.

"Saya mengapresiasi atas karya yang diberikan pemuda Melayu. Saya berharap tulisan berbasis kebudayaan lokal akan terus tumbuh dan tumbuh sehingga kebudayaan di Kabupaten Sintang akan semakin dikenal," katanya.

Iwan juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang akan mencanangkan Bulan September sebagai Bulan Gemar Membaca dengan tujuan meningkatkan literasi generasi muda dengan berbagai pengetahuan yang ada.

"Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan mempersilakan generasi muda dalam menyambut masa depan maka akan dicanangkan setiap bulan September menjadi bulan Gemar Membaca Pemerintah Kabupaten Sintang," pungkasnya. (Coe)