Kursi Anggota DPRD Sintang Bertambah

Pemkab Gelar Uji Publik Draft Penataan Daerah Pemilihan

KPU Uji Publik

SINTANG | Sintangpost.com- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sintang melaksanakan Kegiatan Uji Publik Draft Penataan Daerah pemilihan dan alokasi Kursi anggota DPRD Kabupatn Sintang Pemilihan Umum Kabupaten sintang tahun 2019, di My Home Hotel Sintang, Rabu (7/2).

Bupati Sintang dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang hukum Politik dan Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Sintang Syarifuddin menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2019, merupakan salah satu bagian Pembangunan Demokrasi prosedural dan indikator utama bagi hadirnya Demokrasi serta sarana Demokrasi politik.

”Karena dalam bisnis penyelenggraan pemilu ada beberapa aspek yang sangat menentukan diantaranya pengaturan daerah pemilihan dan alokasi kursi, kedua aspek ini sangat penting serta sangat mempengaruhi derajat keterwakilan politik yang dihasilkan pada Pemilu,” terang Syarifuddin.

Syarifuddin menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan Uji Publik Draft Penataan Daerah pemilihan dan alokasi Kursi anggota DPRD Kabupaten Sintang Pemilihan Umum Kabupaten sintang tahun 2019 yang dilaksanakan ini, Pemkab sintang sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi.

”Karena Uji Publik Pemilu ini semakin menarik, karena di Pemilu Legeslatif Tahun 2019 mendatang kabupaten Sintang akan mendapat penambahan 5 kursi sebagai konsekwensi dari jumlah penduduk yang sudah mencapai diatas 4 ratus Tiga ribu jiwa,” tambah Syarifuddin.

Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Sintang Supranto Aji menyatakan, Pemilihan Umum Tahun 2019 adalah Pemilu Serentak pertama dalam sejarah pemilu di Indonesia, yang akan memilih anggota DPR,DPD,DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta Presiden dan Wakil Presiden secara serentak.

”Dengan keserentakan ini sangat membutuhkan energi yang lebih besar bagi penyelenggra Pemilu dalam pelaksanaannya dan juga bagi para peserta pemilu untuk bisa efektif merebut hati pemilih” terang Supranto Aji.

Supranto Aji menambahkan saat ini tahapan yang sudah dilakukan ditingkat KPU Kabupaten antara lain, sosialisasi kepada masyarakat, verifikasi partai politik, penyusunan draft daerah pemilihan, serta rekrutmen penyelenggara Adhoc(PPK dan PPS).

”Untuk kelancaran semua pelaksanaan tahapan pemilu ini dibutuhkan kerjasama semua elemem yang ada, baik penyelenggara (KPU dan BAWASLU), serta (parpol, Perseorangan), pemilih serta dukungan dari pemerintah untuk kelancaran semua tahapan,”tukasnya. (okt)