Pemkab Sintang Peringati Hari Lahir Pancasila

Bupati Sintang Jarot Winarno Bertindak Selaku Inspektur Upacara Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati, Sabtu (1/6)

SINTANG | Sintangpost.com- Pemerintah Kabuapaten Sintang menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni. Bupati Sintang Jarot Winarno bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati, Sabtu (1/6/) pagi.

Tampak hadir pula pada upacara peringatan tersebut Sekda Sintang Yosepha hasnan, Rektor Unka Sintang Dr. Petrus Atong, Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, Danrem 1205 Bambang Trisnohadi, Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward, Forkopimda serta ratusan pelajar dan tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan Peringatan Hari Kelahiran Pancasila ini untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

“Dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” kata Jarot.

Disamping itu, melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” paparnya.

Jarot berharap dengan telah di gelarnya upacara hari lahir pancasila ini bisa membawa bangsa Indonesia untuk ekses kontestasi politik, kemudian lagi ada tanda-tanda disintegrasi bangsa, sehingga dengan upacara ini bangsa ini bisa hidup rukun dan damai seperti sediakala.

“Apalagi kita menyambut hari raya idul fitri ini, untuk itu saya mengajak seluruh elemen anak bangsa di kabupaten Sintang untuk bersama-sama menjaga keberagaman yang ada, agar hidup rukun dan damai terus tercipta di kabupaten Sintang,”tutup Jarot. (okt)