Pemkab Sintang Sosialisasi Saber Pungli

SINTANG | Sintangpost.com- Pemerintah Kanupaten Sintang menggelar sosialisasi sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) untuk mencegah praktik pungli di setiap pelayanan masyarakat di gedung pancasila Sintang belum lama ini.

Oleh karenanya, wakil bupati Sintang Askiman meminta kepada satgas saber pungli untuk wajib melakukan sosialisasi saberpungli secara berkala.

“Sosialisasi ini wajib dijalankan sesuai edaran Menteri dalam Negeri No 180/3935/SJ Tahun 2016 Tentang pengawasan Pungutan Liar(PUNGLI) dalam penyelanggaraan Pemerintah Daerah,”kata Askiman.

Askiman mengatakan berkaitan dengan tugas dan fungsi peran Bupati sebagai kepala daerah selaku pengambil kebijakan yang menentukan semua keputusan atas jalannya kegiatan penyelenggaraan Pemerintah Daerah baik dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan serta penyelenggaraan Pelayanan terhadap masyarakat.

Askiman juga mengatakan, tugas dan tanggung jawab sebagai Wakil Bupati Sintang, dirinya akan membantu mengamankan semua kebijakan atau keputusan yang telah dilakukan Bupati dalam hal ini monitoring segala kegiatan pemeritahan , melakukan pengendalian jalannya roda pemerintahan serta pengawasan terhadap semua penyelenggaraan pemerintahan termasuk segala kegiatan pembangunan termasuk penyelenggaraan pelayanan masyarakat.

”Pungli merupakan pengenaan biaya atau pungutan ditempat yang seharusnya tidak ada biaya namun dikenakan biaya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga dapat diartikan bahwa Pungli itu merupakan kegiatan memungut biaya dengan meminta sejumlah uang secara paksa oleh seseorang kepada pihak lain dan hal ini merupakan sebuah praktek kejahatan atau perbuatan pidana,”tukasnya. (okt)