Perpustakaan Diharapkan Mampu Tumbuhkembangkan Minta Baca Masyarakat

SINTANG | Sintangpost.com- Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang bidang Administrasi Umum Marchues Afen membuka kegiatan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan di Kabupaten Sintang tahun 2018 di aula CU Keling Kumang, Rabu (19/9/18).

Dalam kesempatan tersebut Afen mengatakan kegiatan bimbingan teknis ini sangat penting di lakukan karena kegiatan ini sejalan dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya pengelola perpustakaan agar menjadi lebih baik agar pelayanan menjadi lebih optimal dan bermanfaat kepada masyarakat pengguna perpustakaan.

“Perpustakaan sebagai instansi pengelola karya tulis maupun karya cetak atau karya rekam di harapkan betul-betul professional dalam memenuhi pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi serta rekreasi para pemustaka atau penerima manfaat layanan perpustakaan yang harus di bekali dengan pengetahuan tentang tata cara pengelolaan perpustakaan,”kata Afen.

Selain itu jelas Afen bahwa perpustakaan merupakan salah satu ujung tombak dari berhasilnya pembangunan manusia di bidang pendidikan yaitu dengan mengingkatkan minat baca masyarakat yang harus di dukung dengan kemampuan pengelola perpustakaan yang memadai, yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk dapat menumbuhkan minat baca dan pengetahuan khususnya masyarakat kabupaten sintang.

“Harus disadari bahwa dimasa mendatang tantangan bidang perpustakaan akan semakin berat dan kompleks untuk itu di perlukan suatu rencana strategis yang komprehensif, serasi, terpadu dan berkelanjutan sesuai dengan iklim teknologi informasi saat ini, sehingga ini lah pentingnya kegiatan ini dilaksanakan,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang Iwan Setiadi mengatakan kegiatan ini diikuti oleh pengelola perpustakaan di sekolah-sekolah negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Sintang baik tingkat SD,SMP dan SMA selama dua hari yang akan diisi materi-materi dari narasumber dan juga di lakukan praktek-praktek.

“Kegiatan ini bertujuan membangkitkan kembali perpustakaan terutama dari sisi minat baca, sehingga melalui bimtek ini pengelola perpustakan di sekolah-sekolah akan lebih giat lagi mengelola perpustakaan, kemudian dengan pemahaman yang mereka dapatkan dapat di tularkan ke rekan-rekan mereak di sekolah,”kata Iwan.

Selain sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan minat baca melalui tenaga pengelola perpustakaan yang professional di sekolah-sekolah, kata Iwan pihaknya juga mencoba mengembangkan taman bacaan masyarakat yang sudah ada di komunitas tertentu.

“Kita akan bekerja sama dengan semua pihak guna menumbuhkan kembangkan minat baca dengan tujuannya meningkatkan mutu pendidikan melalui gemar membaca masyarakatdalam meningkatkan ilmu pengetahuannya. (okt)