Polres Kirim Surat Ke Pengadilan Untuk Periksa Saksi Terkait UPJJ Jerora

AKBP Veris Septiansyah

AKBP Veris Septiansyah
AKBP Veris Septiansyah

SINTANG I Sintangpost.com—Kepolisian Resort (Polres) Sintang tengah menyelidiki dugaan korupsi Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Jerora. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan sekaligus pengumpulan bukti. Polisi juga mengirim surat kepada ketua Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pontianak sebagai permohonan memeriksa dua saksi yang kini statusnya tahanan pengadilan.

“Permintaan (surat ke pengadilan Tipikor)  hari ini (kemarin,red) kita sampaikan. Permohonan meminta izin memeriksa Askiman dan Ramadhan. Karena keduanya sedang dalam penahanan pengadilan (tersangkut kasus UPJJ Serawai-Ambalau),” kata Kapolres Sintang AKBP Veris Septiansyah, Rabu (25/2) di sela paripurna pembahasan raperda di DPRD Sintang.

Menurut Kapolres, pemeriksaan Askiman dan Ramadhan belum dapat diketahui kapan bisa dilaksanakan. Keterangan keduanya akan diambil jika sudah mendapatkan izin pengadilan. Namun pemeriksaan dipastikan berlangsung di Pontianak. “Secepatnya mudahan bisa diperiksa. Kalau izin keluar, langsung kita periksa,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan banyak saksi sudah diperiksa dalam penanganan kasus UPJJ Jerora. Angka pasti tidak dirincikan. Namun Kapolres menyebut sudah lebih  lima saksi telah dimintai keterangan. Saksi yang diperiksa dianggap mengetahui dengan kasus yang ditangani, dan membantu memperdalam penyelidikan.

Polres juga sudah menyita sejumlah dokumen terkait UPJJ Jerora. Dokumen tersebut menjadi petunjuk dalam pemeriksaan saksi. Kepolisian juga telah turun ke lokasi jalan yang dibangun. Begitu juga dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). “Kita (Polres) yang mendampingi BPKP turun ke lapangan,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan ekspose didepan BPKP pun sudah dilakukan. Ekspose untuk mengetahui kerugian negara dalam UPJJ Jerora. Kini tinggal menunggu hasilnya. Lantaran perhitungan audit diperlukan untuk meningkatkan ke tahap penyidikan. “Kita masih menunggu menunggu hasil audit pemeriksaan,” kata Kapolres.

Terpisah, koordinator wilayah Laskar Anti Korupsi Indonesia (Korwil LAKI) Kapuas Raya, Abang Damsik mendukung penuh langkah Polres Sintang dalam penanganan korupsi. UPJJ Jerora yang tengah diselidiki Polres,  diharapkan dapat dituntaskan dengan cepat. Penyelesaian kasus dinilai  penting guna kepastian hukum. “Penegakan hukum dalam pemberantasan korupsi pasti kita dukung,” kata Damsik. (Mot)

Baca Selanjutnya Stop Ilegal Fishing