Sidak Bupati Usai Libur Lebaran, Kehadiran ASN Capai 95 Persen

Bupati SIntang Jarot WInarno melakukan sidak hari pertama usai libur lebaran di Pukesmas Tanjung Puri Sintang

SINTANG | SintangPost.com- Libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri telah berakhir. Masyarakat saatnya kembali bekerja Tak terkecuali pula bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN). Di momen perdana masuk kerja peagawai, Bupati SIntang Jarot Winarno melakukan inspeksi mendadak (Sidak) kehadiran ASN di hari pertama kerja, Senin (9/5/2022).

Jarot tak sendiri, bersama Sekataris Daerah SIntang Yosepha Hasnah serta Asisten I dan Asisten III Setda Kab. Sintang, Kepala BKPSDM Kab. Sintang, Inspektorat dan rombongan lainnya], melakukan ispeksi mendadak (sidak) secara terpisah ke seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pelaksanaan sidak diawali di Puskesmas Tanjungpuri, DPMPTSP, BPPD, Dinas Pendidkan dan Kebudayaan, DKBP3A dan Dinas Lingkungan Hidup dengan menyisir satu persatu ruangan kantor dan memeriksa absen pegawai. Hasilnya, ada beberapa pegawai yang tidak masuk dikarenakan memang sedang cuti.

Bupati Sintang, melalui Asisten I Setda Kab. Sintang, Yasser Arafat mengatakan tujuan sidak yang di lakukan sidak pasca libur Idul Fitri 1443 H ini guna memastikan seluruh pelayanan perkantoran dan administrasi perkantoran di Lingkungan Pemkab Sintang mulai berjalan kembali seperti bisa.

"Pak Bupati ingin memastikan bahwa seluruh layanan perkantoran dan pelayanan perkantoran di lingkungan pemkab Sintang hari ini mulai berjalan, sesuai dengan intruksi bahwa kita cuti bersama idul fitri itu sampai tanggal delapan, dan tanggal sembilan pak bupati ingin memastikan semua operasional kantor itu berjalan seperti biasa,"kata Yasser.

Yasser juga mengimbau agar para ASN dapat kembali bekerja seperti biasanya agar tugas-tugas rutinitas di pemerintahan tetap berjalan normal.

“Untuk tingkat kehadiran ASN dan tenaga honorer rata-rata sudah 95 persen keatas. Memang masih ada satu dua orang yang izin karena memang tidak bisa ditinggalkan, ada yang sakit, dan ada yang masih dalam masa cuti,"jelas Yasser.

Kepala BKPSDM Sintang, Witarso mengatakan seluruh absensi kehadiran dari OPD akan di laporkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

"Kami BKPSDM menunggu absensi OPD. Hasilnya nanti kita laporkan ke Menpan RB,"kata Witarso.

Terkait yang tidak hadir atau masuk pihaknya akan mengonfirmasikan ke pimpinan OPD nya masing-masing apakah yang yang bersangkutan izin tanpa alasan atau ada surat izin keterangan tidak masuk.

"Harus kita cek kembali, kecuali kalau kita sudah cek kembali tidak ada informasi lanjut dari pimpinan OPD nya maka yang bersangkutan dinyatakan tidak masuk kantor tanpa keterangan,”pungkasnya.