Sintang Peringati Hari Santri

Bupati Sintang Jarot Winarno Memberikan Sambuta Pada Hari Santri di Sintang

SINTANG | Sintangpost.com- Kabupaten Sintang melaksanakan peringatan Hari Santri Nasional ke III, di Pondok Pesantren darul Ma’rif jalan akacaya 3, Sabtu (28/10) lalu.

‚ÄúPeringatan ini merupakan bukti pengakuan negara atas perjuangan para ulama dan santri merebut, mengawal dan mengisi kemerdekaan,‚ÄĚ kata bupati Sintang Jarot Winarno dalam sambutannya.

Jarot mengutarakan, dalam era keterbukaan dan demokrasi yang terus berkembang, bukan berarti tantangan semakin berkurang, malah sebaliknya. Kebinekaan dan sikap toleransi didiuji, serta keberagaman sedang menemui tantangan.

‚ÄúPerlu diketahui masyarakat Indonesia adalah masyarakat religius, dengan suku, budaya yang beragam. Hal inilah yang mendasari lahirnya Bhineka Tungggal Ika. Kearifan lokal pada hakekatnya berasal dari nilai-nilai toleransi antar umat beragama,‚ÄĚ paparnya.

Dikatakan Jarot kaum santri nusantara sebagai Darus Salam yang mampu menjadi legitimasi fikih berdirinya NKRI berdasarkan pancasila mampu berdiri digarda terdepan menghadapi rongrongan idiologi komunisme dan mempelopori penerimaan pancasila sebagai asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya berharap peringatan hari santri harus mampu merevitalisasi etos moral kesederhanaa, asketime dan spritualisme di tengah merebaknya korupsi dan narkoba yang mengancam masa depan bangsa,‚ÄĚtukasnya. (okt)