Sosialisasi Perbup Nomor 18 Tahun 2020, Yasser Sampaikan Tiga Pesan Bupati Sintang

Sosialisasi Perbup Nomor 18 Tahun 2020

SINTANG | SintangNews.com – Peraturan Bupati Sintang Nomor 18 Tahun 2020 tentang cara pembukaan lahan bagi masayrakat di Kabupaten Sintang sebagaimana yang telah diubah dengan peraturan Bupati Sintang Tahun 2020 udah mulai disosialisasikan.

Asisten Bidang Pemerintah Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat saat mensosialissasikan perbup tersbeut di Kecamatan Sintang menyampaikan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari sosisliasasi tahap pertama tingkat kabupaten yang telah di gelar di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang pada 11 Juni 2020 lalu.

“Hari ini, kita sudah mulai melakukan sosialisasi lanjutan. Jadwal sosialisasi juga sudah terlampir, hari ini ada dua kecamatan yang kita berikan sosialisasi yaitu Kecamatan Sintang dan Sungai Tebelian,” ucapnya saat memberikan sosialisasi di Aula Abdi Praja di Kecamatan Sintang, Selasa (16/06/2020).

Yasser menjelaskan ada tiga hal yang menjadiarahan Bupati Sintang terkait sosialisasi Perbup Nomor 18 Tahun 2020 ini. Pertama, terbitnya perbup ini merupakan amanah atau tindak lanjut dari ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang lebih tinggi yang sudah dibuat oleh pemerintah pusat.

“Kedua, Perbup ini dalam rangka memberikan penganyoman dan perlindungan hukum pada seluruh masyarakat di Kabupaten Sintang dengan mengedepankan kearifan lokal yang telah ada sehingga kejadian hukum terhadap masyarakat peladang yang pernah terjadi sebelumnya tidak kembali terulang,” katanya.

Ketiga, lanjut Yasser, Bupati Sintang menyampaikan pelaksanaan sosialisasi ini juga sebagai ajang untuk berdialog atau berdiskusi. Dengan demikian, perbup ini bersifat dinamis atau selalu terbuka ruang untuk disempurnakan kembali.

“Saat sosialisasi, ada masukan yang akan kita terima dan jika memungkinkan maka dapat dilakukan revisi untuk menyempurnakan perbup ini. Maka dari itu, kami sangat berharap adanya masukan dari semua pihak,” ucapnya.

Camat Sintang, Siti Musrikag menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh lurah/kades, tokoh masyarakat dan tokog adat serta unsur terkait lainnya yang ada di Kecamatan Sintang.

“Ada kearifan lokal yang harus kita jaga, maka sosialisasi perbup ini sangat penting diilakukan. Kami akan mensosialisasikan perbup ini ke kelurahan/ desa yang ada di Kecamatan Sintang yang tentunya kami ingin adanya masukan yang membangun,” pungkasnya. (Uli)