Mas’ud : Realisasi Pajak Restoran Belum Capai Target

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang, Mas置d Nawawi

SINTANG | Sintangpost.com- Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang, Mas窶冰d Nawawi menyatakan realisasi pajak Restoran di kabupaten Sintang hingga saat ini belum dapat mencapai target.

Pasalnya, Sebagian pengusaha restoran belum sepenuhnya memberikan pajaknya dengan ketentuan 10 persen dari hasil Pendapatannya perbulan.

Dia mencontohkan, Misalnya pengusaaha restoran ini menetapkan harga perpiring Rp 25.000. Maka, 10 persen dari harga jualnya itu, adalah untuk pajak.

"Jika misalnya seperti itu, Berati kan 10 persen dari itu, yakni. Rp.2.500 merupakan pajak yang harus dikeluarkannya. itulah yang harus dilaporkan dan dikembalikan ke kami.窶 terangnya

Namun, dilapangan Masud menilai, masih ada beberapa Oknum pengusaha Restoran yang masih menyembunyian hasil yang mereka terima,"inilah yang mnjadi kendala,"katanya.

Dia pun menilai, saat ini masih banyak pihak-pihak yang belum mengerti pentingnya membayar pajak,"bahkan masih ada yang berpikir, mereka tidak berutang, jadi tidak perlu bayar pajak,"katanya.

Diapun menjelaskan, pajak itu penting untuk pembangunan daerah, pemerintah memberikan izin usaha tentu juga di harapkan, mereka dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

Diungkapkannya pula, saat ini pihaknya belum dapat mengeluarkan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) sepenuhnya, jika masih ada laporan yang dinilai tidak rasional.

窶廳ita masih perlu memastikan, dengan melakukan peninjauan ulang. Ketika sudah kita yakini laporan tersebut real, maka baru bisa kita keluarkan SKPD nya,窶 terangnya. (Tmo).