Data Pemilih Harus Singkron dan Akurat

SINTANG | Sintangpost.com -Terkait data KPU Kabupaten Sintang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang akan mensinkronkan datanya dengan 17.969 pemilih potensial Non Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sintang, Syarif Muhammad Taufik mengungkapkan dari 17.969 pemilih dalam data KPU yang telah masuk database sebanyak 14.046 pemilih.

"Dari 14.046 pemilih, ada 4.905 jiwa yang telah melakukan perekaman sementara 8.915 jiwa belum melakukan perekaman KTP-El. Hal ini sudah kita sampaikan ke KPU bahkan dilengkapi dengan rekapannya," ujarnya.

MengenaiDaftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Sintang, Kadisdukcapil Kabupaten Sintang sepenuhnya merupakan wewenang KPU, pihaknya hanya membantu sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku pada sistem kependudukan, khususnya SIAK.

"Kami sangat mendukung tahapan Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019. Dukungan itu kami lakukan dengan cara jemput bola perekaman KTP-El khususnya kepada pemilih pemula," tuturnya.

Data Pemilih Harus Sinkron

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Hardoyo mengharapkan agar Disdukcapil Kabupaten Sintang benar-benar mensikronkan data pemilih sehingga tidak menimbulkan permasalahan pada saat pelaksanaan pesta demokrasi mendatang.

"Data yang ada harus sinkron. Itu yang harus diteliti sehingga saat pemilu nanti sudah tidak ada lagi kendala terkait ketidaksinkronan data," katanya.

Politisi PKP Indonesia juga mengapresiasi adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sintang yaitu Disdukcapil Sintang yang telah membantu KPU dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi mendatang.

"Dengan jemput bola khususnya kepada pemilih pemula maka akan sangat membantu suksesnya pelaksanaan pemilu baik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur pada Juni mendatang maupun Pilpres tahu 2019," tukasnya. (yul)