Serahkan Bantuan, Jarot : Ada 2.000 Lebih Warga Kecamatan Sintang Yang Terdampak Banjir

Bupati Sintang berikan bantuan secara simbolis pada masyarakat terdampak banjir di daerah hilir Kecamatan Sintang (Foto : Anwar)

SINTANG | SintangPost.com – Tinggi muka air di daerah perhuluan Kabupaten Sintang saat ini sudah mulai mengalami penurunan namun sebalinya yang terjadi daerah hilir.

Curah hujan yang cukup derah ditambah dengan adanya air limpahan dari daerah perhuluan, membuat sejumlah daerah di hilir Kabupaten Sintang mengalami banjir sehingga membuat sejumlah masyarakat sulit beraktivitas seperti biasanya terutama bagi mereka yang tinggal tak jauh dari bantaran sungai.

Bupati Sintang, Jarot Winarno yang pada hari Rabu lalu (15/07/2020) telah memantau langsung tinggi muka air di sejumlah daerah, kembali turun langsung dengan menggunakan speed boat ke sejumlah titik yang mana sudah terendam air untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

“Bantuan ini dilakukan secara simbolis namun nanti semua yang berdampak akan dapat bantuan. Besaran per orangnya akan tergantung pada kuota per kecamatan yang kita berikan,” ucapnya yang turun langsung menyerahkan bantuan tersebut ke warga, Jumat siang (17/07/2020).

Jarot Winarno menyampaikan ada 2.000 lebih masyarakat yang terdampak dengan musibah banjir di daerah hilir Kabupaten Sintang yang saat ini sudah terdata dan kita upayakan untuk segera diberikan bantuan.

“Yang 2.000 lebih itu dari Kecamatan Sintang menurut data BPBD. Kita masih menunggu data dari Kecamatan Dedai dan kecamatan lainnya sehingga bisa menyalurkan bantuan dengan segera,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Jarot Winarno mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sudah memberikan berbagai himbauan terkait bahaya banjir yaitu seperti ahaya aliran listrik, peningkatan kewaspadaan terhadap anak-anak atau anggota keluarga lainnya serta memperhatikan asupan makanan agar imunitas tubuh tetap terjaga.

“Semoga tidak terjadi apa-apa, jaga rumah kita, jaga anak kita, jaga makanan dan minuman, jangan sampai kena diare,” tuturnya.

Jarot Winarno mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah membantu dengan menyisihkan sebagian rejekinya untuk membantu warga yang terdampak banjir.

“Sumber bantuannya dari Provinsi, dana kabupaten dan beberapa bantuan dari dermawan lainnya. Ini menunjukkan kesetiakawanan sosial di Kabupaten Sintang cukup tinggi,” pungkasnya. (Uli)