Sungai Kapuas Meluap, Warga Diminta Waspada Banjir

SINTANG | SenentangNews.com� Warga yang bermukim di bantaran Sungai Melawi dan Kapuas di wilayah Kabupaten Sintang, diminta untuk waspada pasca naiknya debit air sungai tersebut. Pasalnya, banjir setiap saat bisa datang dan menggenangi perumahan warga.

Meski demikian, warga diminta untuk tetap tenang, namun selalu waspada. Terlebih bagi warga yang desa mereka sudah menjadi langganan banjir setiap datangnya musim penghujan, harus selalu waspada.

“Sampai sekarang tidak ada banjir. Memang ada kenaikan debit air setelah ada hujan beberapa kali ini,” kata anggota DPRD Sintang Hamzah Sopian, Jumat (1/6).

Politisi PAN ini juga meminta agar masyarakat yang tinggal di tepi Sungai Melawi dan Kapuas tetap tenang dan waspada, karena air kapan saja bisa naik ketika hujan terus menerus.

“Ya harapan kita jangan sampai ada banjir, memang ada beberapa desa yang menjadi langganan (banjir) ketika air Sungai Melawi dan Kapuas meluap,” ujarnya

Selain itu Hamzah juga menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendara jika melewati sejumlah tempat yang saat ini sudah digenangi air.

“Karena curah hujan yang tinggi membuat beberapa ruas jalan baik di kota maupun di luar kota pun tak luput dari genangan air. Untuk itu, saya menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendara,” ujarnya.

Menurut Hamzah, tergenangnya beberapa ruas jalan di Kabupaten Sintang bisa saja dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi sehingga membuat debit air sungai meningkat.

“Selain debit air sungai meningkat, curah hujan yang tinggi dapat juga menggenangi sejumlah jalan yang tidak memiliki pembuangan air dengan baik sehingga dapat menyebabkan genangan air di jalan tersebut,” tukasnya. (okt)