Tingkatkan Ekonomi Warga, Bandar Udara Tebelian Gelar Padat Karya

Pembukaan Kegiatan Padat Karya di Bandar Udara Tebelian

SINTANG | SintangPost.com – Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Tebelian menggelar kegiatan padat karya di kawasan jalan masuk Bandar Udara Tebelian, Kamis (20/08/2020).

Direktur Keamanan Penerbangan Dirjen Perhubungan Udara, Elfi Amir mengatakan kegiatan padat karya yang digelar merupakan salah satu upaya untuk membantu perekonomian masyarakat terlebih lagi dengan adanya pandemic Covid-19 yang masih melanda.

“Padat karya ini diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja di desa, meningkatkan keterampilan warga lokal dan juga mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat terlebih saat pandemic Covid-19 seperti ini,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Komisi V DPR RI, Lasarus yang juga hadir pada pembukaan kegiatan padat karya ini mengucapkan terimakasiih pada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang telah melakukan kegiatan padat karya di tengah pandemi Coovid-19 yang masih melanda. Ia berharap, kegiatan ini dapat membantu perekonomian masyaakat yang saat ini tidak stabil karena adanya Covid-19 tersebut.

“Harga karet sedang tidak ekonomis. Sementara, penghasilan utama masyarakat dari karet. Kenapa saya bilang tidak ekonomis, harga karet ditingkat petani hanya 5-7 ribu per kilogramnya, di bawah 10 ribu per kilogram itu tidak ekonomis karena tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan,” katanya.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Tebelian, Patah Atabri mengungkapkan kegiatan padat karya ini melibatkan tiga desa yang ada di sekitar kawasan Bandar Udara Tebelian.

“Ada 300 orang yang kita libatkan dari tiga desa, yaitu Desa Kunyai, Desa Ukoi, dan Desa Mantai,” ucapnya.

Patah Atabri mengatakan ada 8 hal yang dilakukan pada kegiatan padat karya yang menggunakan APBN Dipa UPBU Tebelian Sintang tahun anggaran 2020 yaitu pembabatan rumput jalan masuk, pembersihan drainase, pembuatan kanopi gedung, pembuatan tempat pencucian mobil, perbaikan jalan masuk menuju TPA.

“Kita juga melakukan pemeliharaan gapura jalan masuk bandara, perbaikan jalan masuk gedung api, perbaikan jalan akses bandara tebelian hingga pembabatan rumput areal di belakang area rumah dinas,” pungkasnya. (Uli)