Rekrutmen CASN Setelah Pilkada Serentak, Dewan Harap Masyarakat Persiapkan Diri

Ilustrasi

SINTANG | Sintangpost.com- Bagi peminat CASN di Kabupaten Sintang, ini kabar baik. Pelaksanaan tes CPNS 2018 akan dilakukan setelah pilkada serentak digelar.

Untuk itu anggota DPRD Sintang Anton Isdianto menghimbau masyarakat yang akan berkompetisi nantinya untuk mempersiapkan diri baik fisik maupun mental.

“Saya berharap semoga perekrutan CASN ini benar-benar terealisasi sebab sudah beberapa tahun ini tidak ada peneriman CASN,”kata Anton.

Anton juga berharap masyarakat Kabupaten Sintang mendoakan agar Tuhan menggerakkan Pemerintah Pusat (Pempus) untuk merekrut CASN bukan hanya pada tahun ini, tetapi setiap tahun.

“Karena anak-anak kita, masyarakat di Sintang, setiap tahun banyak yang jadi Sarjana, tetapi tidak ditampung negara,” katanya.

Rencana perekrutan CASN pada tahun politik ini memang “mencurigakan”, tetapi Anton berharap, masyarakat Sintang jangan memperhatikan hal tersebut apakah memiliki kepentingan politik atau tidak.

“Kita sambut ini (perekrutan CASN-red) sebagai suatu berkat,” ucapnya.

Seperti diketahui, KemenPAN-RB saat ini sedang memperhitungkan kebutuhan ASN dan kemampuan keuangan negara. Hal ini tentunya menyangkut kuota di setiap provinsi atau kabupaten/kota di Indonesia.

Menurut Anton, setiap daerah hampir setiap tahun mengusulkan kebutuhan ASN ke Pempus.

“Jadi tidak ada alasan kalau kuota sedikit atau seberapa itu karena kesalahan daerah,” jelasnya.

Dia menambahkan, selama ini daerah, terutama Kabupaten Sintang sangat gencar mengusulkan kebutuhan ASN di daerah masing-masing. Hanya selama ini tidak pernah ditanggapi Pempus.

“Moratorium pun tidak jelas kapan selesainya,” ucap Anton.

Saat ini, Pempus sudah menyampaikan akan merekrut CASN pada tahun ini. Hendaknya kuota yang dialokasikan sebanyak-banyaknya.

“Data-data dari daerah itu sudah ada di sana kok (Pempus-red), setiap tahun disampaikan,” tegasnya.(okt)