Telan Dana 1,4 M, Jembatan Sungai Saeh II Siap Dibangun

Bupati Sintang Jarot Winarno Melakukan Penancapan Tiang Pertama Jembatan Sungai Saeh II

SINTANG | Sintangpost.com- Keinginan masyarakat desa sepiluk kecamatan ketungau hulu memiliki jembataan rangka baja  bakal terwujud. Pasalnya Jembatan rangka baja tipe C bakal dibangun tahun ini ooleh pemerintah kabupaten Sintang.

Pemkab Sintang sendiri akan mengalokasikan anggran mencapai 1,4 miliar yang membentang diatas sungai Saeh II.
Bupati Sintang Jerot Winarno mengatakan pembangunan jembatan sepanjang 55 meter dengan kekuatan mencapai 5 ton akan dibangun tahun 2019 ini.

“Sudah kita anggarkan jembatan tipe c di daerah ini tujuannya untuk mempermudah akses masyarakat yang akan melintas nantinya,”kata Jarot saat melakukan penancapan tiang pertama jembatan rangka baja tipe C di desa sepiluk,Jumat (5/4).

Jarot mengatakan untuk pembangunan jembatan sungai saeh II ini di perkirakan lebih mahal dari pada membangun jembatan
tuguk sungai ingar kecamatan Keyan hilir beberapa waktu lalu menggingat pembangunan jembatan sungai saeh II ini harus menimbun tanah (oprit) sepanjang kurang lebih 180 meter.

“Finishingnya diperkirakan 2 tahun kedepan, jadi masyarakat di daerah ini patut berbanggalah sebab sudah mempunyai jembatan rangka baja,”jelas Jarot.

Kepala desa Sepiluk Edirudin merasa sangat bersyukur dengan dibangunnya jembatan rangka baja tipe C ini.
“Inin momen bersejarah bagi kami warga desa sepiluk karena sekitar 65% warga desa yang ada di sekitar nya merasakan manfaat atas di bangun nya jembatan Sungai Saeh II,”katanya.

Menurutnya jembatan ini akan menghubungkan desa sepiluk dengan dusun Gupung Desa Sungai Seria. Sejauh ini masyarakat selalu memutar melewati jalan poros impang Senaning ke Dusun Gupung dan desa Sungai Seria dengan jarak tempuh kurang lebih 17 kilo meter.

“Kami berharap dengan di bangunnya jembatan rangka baja tipe C ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,”tukasnya.

Terpisah wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim berharap adanya jembatan Sungai Saeh II nanti mampu mendongkrak ekonomi masyarakat khususnya warga Desa Sepiluk.

“Ini bukti Pemerintah hadir untuk kita hingga ke daerah perbatasan. Merangkul semua keinginan masyarakat tentunya dengan skala prioritas,” tuturnya.

Jadi, dengan adanya jembatan Sungai Saeh II nanti mobilitas warga akan semakin baik tentunya bisa membuat perekonomian juga semakin baik,” tukasnya. (okt)