DPRD Dukunga Pembangunan PLTA Di Ambalau

AlanSINTANG | SintangPost.com-Ketua Komis II DPRD Kabupaten Sintang Alan menyambut baik rencana Investor membanguan (Pembangkit Listrik Tenaga Air) PLTA di Kecamatan Ambalau. Menurutnya jika pembanguan ini benar-benar terwujud Kabupaten Sintang tidak akan kris liistrik.

"Sebagai masyarakat Serawai Kita sangat mendukung proyek ini. hanya saja pentingnya regulasi yang jelas agar warga setempat tidak dirugikan akibat dampak pembangunan tersebut,"kata Alan.

Ketua komisi II DPRD Sintang Alan, menilai prospek PLTA yang menggunakan air terjun Nokan Nayan dan Nokan Jengonio tidak hanya memberikan keuntungan bagi daerah Sintang, tapi juga Provinsi Kalbar pada umumnya. Namun dia menekankan pentingnya regulasi yang jelas agar warga setempat tidak dirugikan akibat dampak pembangunan tersebut.

"Memang kami sebagai masyarakat Serawai-Ambalau bangga karena keberadaan PLTA ini mampu menjawab kebutuhan listrik secara khusus untuk Sintang. Tapi persoalannya bagaimana harapan masyarakat itu berimbang dengan keberadaan PLTA. Kita tidak menginginkan di kemudian hari ada hal-hal yang merugikan masyarakat," katanya.

Sejauh ini, kata Politisi muda PDIP, respons warga di dua kecamatan cukup antusias. Mereka bersedia PLTA dibangun asalkan pemerintah mau menanggung kelangsungan nasib mereka. Seperti dapat menjaga kelestarian alam sekitar. "Sekarang kita butuh riilnya. Tindak lanjut pemerintah gimana, investor gimana, dan masyarakat gimana. Jangan hanya sekedar wacana saja," katanya lagi.

Pemerintah, kata Alan, harus cermat menyikapi persoalan tersebut. Pihaknya tidak ingin apabila dalam pengerjaan proyek PLTA terjadi mis komunikasi, karena dikhawatirkan dapat memicu gejolak sosial.

"Kalaupun proyek ini berjalan sesuai rencana, yang kita harapkan pihak investor jangan mengabaikan hak masyarakat. Pekerjakan masyarakat sekitar, saya yakin proyek ini bisa berjalan sesuai rencana,”tukasnya(okt)