Komit Dukung Pembentukan Propinsi Kapuas Raya, DPRD Sekadau Kunjungi Bandara Tebelian

1SINTANG I Sintangpost.com-Sebanyak enam Anggota DPRD Kabupaten Sekadau melakukan kunjungan kerjanya di kabupaten Sintang pada Senin, (18/5). Dalam kunjungan yang di pimpin oleh Wakil ketua DPRD Sekadau Jeppray Raja Tugam tersebut di sambut hangat oleh bupati Sintang Milton Crosby M Si beserta jajarannya.

Setibanya di kabupaten Sintang sekitar pukul 12.00 wib rombongan langsung dibawa bupati Sintang untuk meninjau sejumlah fasilitas seperti Bandara tebelian, Stadion baning, serta calon kantor gubernur kapuas raya yang terletak di jalan YC Oevang Oeray.

Tiba di Bandara Tebelian Bupati Sintang langsung mengajak rombongan DPRD Sekadau menyusuri landasan pacu dengan panjang 1650 dan lebar landasan pacu 30 meter yang sudah diaspal mulus.

Kepada rombongan DPRD Sekadau, Bupati menjelaskan kalau landasan pacu akan diperpanjang sekitar 2 kilometer lagi. Sedangkan untuk pembebasan lahan sudah tidak ada kendala lagi.

“Untuk lahannya sudah kita siapkan dan sudah tidak ada masalah lagi tinggal kontraktor yang akan mengerjakannya nanti,”kata Milton.

Rombongan kemudian beranjak menuju lokasi sisi darat bandara. Apron menjadi tujuan utama. Didepan apron Bupati mengatakan sejumlah fasilitas sisi darat sudah dibangun. Antara lain kantor pemadam kebakaran, perumahan dinas bandara, PDAM serta jaringan listrik.

bupati dua periode ini mengatakan Bandara Tebelian juga disiapkan dengan  lahan pendaratan emergency. Fasilitas tersebut telah tersedia. Kemudian lahan untuk BMKG, Pertamina juga sudah siap.   Lampu di landasan pacu  kini pun dalam tengah pengerjaan.

“Semuanya sudah tidak ada masalah lagi,”ujarnya.

sementara itu Wakil Ketua DPRD Sekadau Jeffray Raja Tugam mengatakan tujuan  kunjungan untuk melihat langsung progres pembangunan Bandara Tebelian, yang menjadi fasilitas penyokong kesiapan pembentukan Kapuas Raya. Sekadau, lanjut dia, merupakan tetangga dekat dari Kabupaten Sintang, jadi amat berkepentingan atas keberadaan Bandara Tebelian.

"Kalau sudah operasi bandara Tebelian, Sekadau ingin  bisa menggunakan untuk kepentingan  kedinasan misalkan. Begitu juga dengan kepentingan lain," katanya.

Jeffray juga turut mengapresiasi pembangunan bandara Tebelian, atas kemajuan pembangunan yang terlihat. Pencapaian tersebut dianggap hal membanggakan. Lantaran beberapa kabupaten lain di Kalbar, lanjutnya, juga mewacanakan pembangunan bandara. Namun hingga kini belum terealisasi, sementara bandara Tebelian Sintang  sudah tahap perampungan.

Ia menambahkan dukungan DPRD Sekadau atas pembentukan Kapuas Raya sesuai komitmen awal, yakni  deklarasi 14 Agustus 2006. "Sekadau dari pertama setuju pembentukan Kapuas Raya," katanya.  "Kapuas Raya juga bisa memperpendek rentang kendali pemerintahan," tambah dia.

Karena itu, lanjut dia, DPRD Sekadau siap membantu Bupati Sintang Milton Crosby selaku koordinator pembentukn Kapuas Raya.  Lantaran Kapuas Raya merupakan kepentingan masyarakat banyak.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sekadau Subandrio, mengatakan, Sekadau merupakan wilayah yang masuk cakupan Kapuas Raya. Kunjungan ke Sintang, lanjut dia, menjadi bagian melihat kesiapan pembentukan Kapuas Raya secara langsung.

"Aksi kedepan tentunya kita akan  berkoordinasi dengan Bupati Sintang selaku koordinator  untuk berkoordinasi dengan DPRD wilayah cakupan Kapuas Raya. Kapuas Raya akan kita  genjot terus," katanya. "Kita DPRD sangat mendukung. Dan, Bupati Sintang juga sudah mengagendakan kunjungan komisi II DPR-RI," tambah dia.

Bupati Sintang Milton Crosby mengucapkan terima kasih atas kunjungan DPRD Sekadau melihat bandara, stadion, serta calon kantor gubernur Kapuas Raya. Kunjungan tersebut dinilai merupakan dukungan moral bagi percepatan pembangun bandara serta perjuangan Kapuas Raya.

Menurut Milton dengan kunjungan ini, DPRD Sekadau bisa melihat langsung progres pembangunan bandara, yang sebelumnya informasi perkembangan bandara Tebelian dilihat melalui pemberitaan media cetak maupun elektronik.

Ia menambahkan, makna penting kunjungan yakni modal untuk kian meyakinkan pemerintah pusat atas kebutuhan masyarakat akan bandara. Kemudian, lanjut dia, pada Agustus mendatang peresmian pra operasional bandara Tebelian telah siap.

“Agustus mendatang bandara tebelian ini akan kita resmikan,”tukasnya (okt)