Komit Tingkatkan Program Tertib Administrasi Capil

SINTANG | Sintangpost.com – Dalam upaya menertibkan administrasi kependudukan, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar kegiatan pembinaan prosedur dan tata cara pencatatan sipil yang digelar di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang, Selasa (4/8).

Sekretaris Daerah, Yosepha Hasnah menyampaikan kegiatan ini diperlukan sebagai upaya meningkatkan penertiban administrasi terlebih cakupan akta kelahiran hingga saat masih dibawah target.

“Cakupan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Sintang masih dibawah target. Ini butuh komitmen dan kerjasama semua pihak sehingga hak-hak sipil dapat diperoleh dengan baik,” ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang, H. Syarif Muhammad Taufik menyampaikan bahwa pihaknya berusaha untuk lebih meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan dan ketunggalan nomor induk kependudukan.

“Hingga Juni 2018, hanya ada 76,46 persen dari 405.211 jiwa atau baru 311.140 jiwa yang sudah memiliki akta kelahiran. Untuk itu, kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kami sebagai bentuk dukungan tertib administrasi,” tuturnya.

Taufik mengaku pihaknya sudah berupaya melakukan percepatan peningkatan cakupan kepemilikan akta pencatatan sipil dengan melakukan layanan langsung.

“Kami melakukan jemput bola ke desa-desa dan pelayanannya all in, atau sekali kepengurusan bisa melakukan urusan sebanyak tujuh akta,” ungkapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, lurah dan elemen masyarakat di Kabupaten Sintang. (yul)