Melkianus: Kawal Apirasi Musrembang Sampai ke Tingkat Kabupaten

SINTANG |  Sintangpost.com- Anggota DPRD Sintang Melkianus menilai pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) di tingkat desa/kelurahan di Kecamatan Ketungau Tengah yang baru berakhir, secara keseluruhan berjalan dengan baik. Kegiatan itu mewakili aspirasi masyarakat dalam pembangunan.

”Saya menilai pelaksanaan musrenbang tingkat kelurahan/desa, khususnya di Kecamatan Ketungau Tengah berjalan dengan baik. Usulan dari masyarakat benar-benar dari bawah dan sesuai kepentingan masyarakat,” kata Melkianus kemarin.

Politikus Golkar yang hadir dalam Musrenbang ini menambahkan, beberapa usulan kegiatan telah disampaikan masyarakat, baik terkait infrastuktur jalan jembatan, pendidikan, kesehatan dan tekomunikasi.

”Usulan yang disampaikan itu merupakan realita yang memang diperlukan. Saya mengapresiasi kehadiran masyarakat ketungau dalam musrenbang tersebut,” ujarnya.

Dia mengharapkan, usulan kegiatan yang disampaikan masyarakat bisa diakomodir pada musrenbang tingkat kabupaten, sehingga masyarakat bisa merasakan pembangunan yang dilakukan Pemkab Sintang.

”Jangan sampai usulan kegiatan di tingkat desa/kelurahan dan kecamatan tidak terakomodir, karena nantinya terkesan musrenbang di tingkat desa/kelurahan hanya formalitas saja,” jelasnya.

Nanti, lanjutnya, dalam pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten, Pemkab Sintang diminta meningkatkan anggaran pemberdayaan masyarakat. Hal itu diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Kita juga minta kepada masyarakat agar bersabar jika usulan yang disampaikan tidak terakomodir, karena tidak semua bisa terpenuhi. Pasalnya, pemerintah juga memiliki keterbatasan anggaran,” tandasnya.

Camat Ketungau Tengah, Dakun  mengatakan kegiatan Musrenbang ini adalah untuk mengakomodir persoalan-persoalan yang ada disetiap desa.

Nantinya akan dikomunikasikan dan dikonsultasikan di tingkat DPRD, dan akan dipilih persoalan mana yang harus difasilitasi dalam dana ADD dan mana yang difasilitasi oleh dana APBD,

“Musrenbang ini merupakan media untuk mengetahui usulan-usulan di masing-masing desa yang ada di Kecamatan Ketungau Tengah sehingga nantinya, akan diputuskan yang mana yang akan menjadi prioritas,”tutupnya (okt)