Meriahkan Harjad Kota Sintang, Pemda Akan Gelar Fashion Carnaval

Kurniawan

SINTANG | Sintangpost.com- Guna memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota Sintang yang ke 657 Tahun 2019. Pemerintah Kabupaten Sintang akan melaksanakan berbagai kegiatan menarik dan unik seperti gelar budaya Bhineka Tunggal Ika dan Fashion Carnaval yang mengambil tema Sintang adalah kita pada Sabtu, 4 Mei 2019 di Tugu BI Sintang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang saat ditemui awak media di ruang kerjanya kemarin.

Menurut Kurniawan, Fashion Carnaval ini akan diupayakan mirip dengan pelaksanaan Jember Festival karena lebih mengutamakan ide-ide kreatif peserta karnaval dalam mendesain dan menampilkan pakaian bernuansa budaya bangsa Indonesia.

“Jember Festival salah satu yang membuatnya dikenal adalah tampilan pakaian pesertanya yang luar biasa unik dan menarik. Kita akan coba melibatkan banyak pihak seperti sanggar-sanggar, pecinta seni dan organisasi perangkat daerah untuk memeriahkan kegiatan baru ini. Kalau kegiatan ini sukses, maka akan kita teruskan di tahun mendatang tentu dengan evaluasi dan perbaikan” terang Kurniawan.

“Selain itu, ada beberapa acara yang dirancang Pemkab Sintang terbilang baru dan unik lainnya seperti lomba bercerita antar pelajar tentang legenda Sintang. Yang mana para peserta boleh bercerita menggunakan bahasa dan logat lokal Sintang yang rencananya akan dilaksanakan pada Kamis 25 April 2019 di Gedung Pancasila. Saat ini surat edaran sudah dikirim ke sekolah-sekolah” terang Kurniawan.

Kurniawan menambahkan Pemda Sintang bekerjasama dengan MABM juga akan melaksanakan pergelaran pengantin Melayu tempo dulu dan masa kini dalam rangka memberikan edukasi generasi milenial bahwa etnis Melayu jaman dulu pernah memiliki tata cara perkawinan dan rias pengantin yang unik.

“Ini adalah gawai kita bersama, maka Pemkab Sintang mengundang seluruh warga untuk hadir dan menyaksikan seluruh
rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan. Ini pesta kita bersama. Penuhi setiap lokasi kegiatan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” ajak Kurniawan. (okt)