InfrastrukturJalan Masih Menjadi Keluhan

Reses Hardoyo di Dusun Lubuk Leban

SINTANG | SSintangpost.com-Momen turun gunung bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang  tidak disia-siakan oleh Hardoyo untuk menyambangi masyarakat di Dusun Lubuk Leban Desa Sungai Sintang Kecamatan kayan Hilir, Senin (8/11).

Kedatangan wakil rakyat dapil V tersebut disambut hangat masyarakat setempat denga ritual adat suku inggar Silat. Suara merdu instrumen musik tradisional tawak dan Tarian adat khas suku inggar silat itu yang tak kalah apik juga mengiringi langkah anggota dewan menuju ruang pertemuan.

untitled-1Dalam kesempatan saat berdialog dengan masyarakat Hardoyo berkesempatan menceritakan sedikit kisah suka dan dukanya saat awal mencalonkan diri menjadi wakil rakyat di daerah pemilihan Kayan Hilir-Kayan Hulu.

Berawal dari tidak bisa berbuat apa-apa, sekarang ia bisa membantu masyarakat dengan cara mendengarkan dan membawa aspirasi atau keluh kesah masyarakat ke rapat di DPRD.

“Saya sangat senang bisa kembali bertemu gaok (rindu) dengan saudara-saudara saya di tempat ini. Reses kali ini merupakan ajang silaturahmi serta untuk mempererat jalinan komunikasi antara wakil rakyat dan masyarakat. Saya juga berterima kasih bisa diterima dan disambut hangat di tempat ini. Ini merupakan momen berharga untuk saya,” ucapnya pada saat sambutan.

untitled-3Dalam acara diskusi, masyarakat mengeluhkan permasalahan yang sama pada saat penyampaian aspirasi. Infrastruktur masih dominan menjadi keluhan oleh warga.

Seperti yang disampaikan Semandi tokoh masyarakat Lubuk Leban ini menyampaikan masih sulitnya akses jalan menuju dusun lubuk leban serta ke desa tetangga seperti desa Sungai Garong dan Desa Sungai Buaya maupun desa sungai Sintang.

“Kami mengaku perhatian pemerintah masih sangat minim di bidang infrastruktur, terutama akses jalan yang penting dalam menunjang aktivitas masyarakat dalam hal memutar roda perekonomian. Padahal jalan merupakan hal prioritas, dan kondisinya diakui sangat memprihatinkan apalagi saat musim hujan tiba,”katanya.

Tak hanya sektor infrastruktur, masyarakat yang datang pada saat reses juga mengeluhkan tentang minimnya sarana air bersih dan pasokan listrik yang selama ini selalu menjadi penghambat aktivitas keseharian masyarakat.

“Kami berharap kedatangan anggota dewan yang mewakili daerah kami bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di daerah yang sebagian besar sebagai petani.”kata Kepala dusun Sungai Garong Daniel berharap.

untitled-2Di sisi lain warga yang berprofesi sebagai guru juga berkesempatan menyampaikan aspirasi kepada Hardoyo.  Mereka berharap mendapat kebijakan pemerintah daerah dalam hal pembangunan rumah guru.

Seperti diterangkan Titin Ertini guru kontrak di dusun Lubuk Leban ini, selama ini dirinya hanya mendapat belas kasihan dari warga untuk mendapatkan tempat tinggal. Selama ini diakuinya belum ada pembangunan rumah guru. Kebijakan tersebut dirasakan sangat sulit bagi para pengajar di daerah setempat.

“Untuk itu kami yang berpropesi sebagai guru berharap adanya mes guru bagi tenaga pengajar,”Jelasnya.

Tak ketinggalan, Sekdes Sungai Buaya, Herkulanus juga menyampaikan unek-uneknya kepada wakil rakyat.  Dikatakannya masyarakat berharap ada pembangunan gedung SD jarak jauh yang letaknya di dusun sungai getah desa sungai buaya.

“Selama ini anak-anak kami harus berjalan kami menuju SD Melingkat. Dimana jarak tempunya begitu jauh. Untuk itu harapan kami adanya SD di jarak jauh di Sini,”jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Sintang Hardoyo mengatakan selalu siap dan bersedia memperjuangkan sekuat tenaga dalam pembangunan.

“Masalah yang disampaikan masyarakat pada saat reses ini merupakan aspirasi yang selalu mengemuka. Saya akui warga berhak meminta kepada pemerintah melalui saya sebagai wakil mereka untuk segera menindaklanjuti aspirasi tersebut.

“Aspirasi kali ini akan segera mungkin saya sampaikan pada saat sidang paripurna di gedung dewan, dan akan saya koordinasikan kepada kawan-kawan dewan yang lain untuk bersama-sama melaporkan aspirasi masyarakat ke pemerintah. Terima kasih juga telah memberikan masukan, usul serta kritikan demi kebaikan serta masa depan Sintang lebih baik ke depan,” urainya di akhir acara.(okt)