Bentuk Tiga Pansus, Dewan Dalami Sembilan Raperda

Jeffray Edward

SINTANG | Sintangpost.com- Penyampaian sembilan Raperda Tahun 2017 ditindaklanjuti DPRD Sintang dengan membentuk tim panitia khusus (Pansus), melalui Melalui Rapat Paripurna Internal DPRD Sintang, Kamis (6/7).

Menurut Ketua DPRD Sintang Jefray Edwar, pembentukan pansus untuk mendalami sembilan Raperda nantinya menjadi bahan rekomendasi dewan untuk disampaikan saat sidang paripurna. Baik merupakan saran maupun kritikan terhadap hal-hal yang belum maksimal dari kinerja pemerintah daerah.

“Misalkan, ada anggaran yang tidak terserap karena gagal lelang atau pelaksanaan yang tidak selesai. Hal ini yang perlu dikritisi, termasuk menyangkut efisiensi anggaran,” ujar Jefray.

Adapun pansus satu diketua oleh Syahroni dengan raperda yang dibahas meliputi Raperda tentang kearsipan, Raperda tentang ketertiban umum dan Raperda tentang penyelenggaraan pendidikan.

Kemudia Pansus dua yang diketua oleh Gulam Raziq membahas Raperda tentang pembanguanan industri kabupaten Sintang tahun 2017-2037, Raperda tentang pelayanan Tera/Tera ulang serta Raperda tentang pengelolaan pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko modern.

Sementara itu Pansus tiga yang diketua oleh Melkianus membahas Raperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Sintang, Raperda tentang pencabutan Perda nomor 1 tahun 2008 tentang urusan pemerintah daerah Sintang serta Raperda tentang pencabutan Perda nomor 9 tahun 2009 tentang izin gangguan. (okt)