Dewan Ogah Paripurna Penyusunan Raperda 2017

Danil Banai

SINTANG | SenentangNews.com- Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Sintang K Dani Banial enggan mengesahkan keenam Raperda yang diusulkan Pemkab Sintang yang diusulkan melalui rapat kerja dengan OPD pengusung.

Keenam Raperda yang akan ditetapkan meliputi Raperta tentang kearsipan, Raperda tentang penyelenggaraan retribusi pelayanan tera/tera ulang, Raperda tentang pertanggung jawaban APBD tahun anggaran 2016, serta Raperda tentang APBD tahun anggaran 2018.

Menurut Danil dalam rapat yang gelar kemarin, Senin (29/5) belum ada singkonisasi antara bagian hukum dengan OPD pengusung. Sebab dalam beberapa poin menyertakan bahwa ada kajian akademiknya.

“Kita tidak bisa mengesahkan kalau semua usulan keenam raperda yang disampaikan pemerintah kepada DPRD belum sempurna. Kami melilai pihak pemerintah belum ada kesiapan yang matang,”kata Danil kemarin.

Danil mengatakan pembahasan tentang penyusunan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sintang tahun 2017 ini dianggap penting dilakukan karena menyangkut penganggaran Perda itu sendiri.

“Kita dapat memaklumi ada beberapa perda yang diusulkan kajian akademiknya dianggap ringan seperti penyusunan draf tera ulang dan kearsipan karena kita nggap ini tidak terlalu berdamak pada orang banyak,”jelasnya.

Menurut Danil, dalam rapat tersebut masih belum ada titik temu pembahasan detailnya, sehingga akan dilanjutkan lagi. Danil juga menegaskan jika perda yang akan diusulkan OPD juga harus siap dengan berbagai penjelasan.

“Jangan seperti sekarang ini tidak ada titik temunya. Jadi ngomongnya harus gamblang sehingga penjelasannya tidak lempar sana lempar sini,”tegas politisi PKPI ini.

Danil berharap kedepan OPD pengusung untuk dapat siap mengajukan argumennya sehingga tidak ada gagal paham antara pihak pemerintah dan DPRD.

“Makanya kedepan saya harapkan dinas siap untuk mempresentasikan program-program apa saja yang hendak disampaikan. Kalau blank rancangan begini, kita tidak mau paripurnakan. Kita akan paripurnakan kalau betul-betul sudah ada isinya,” tukasnya. (okt)